Bupati: Kita Harus Bangga mengatakan Pancasila Sakti

oleh
Bupati Sintang Jarot Winarno bertindak sebagai inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila

BERITA-AKTUAL.COM – Bupati Sintang jarot Winarno Bupati Sintang menyampaikan bahwa Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober merupakan momen bersejarah bangsa. Dimana terjadi upaya mengantikan ideologi Pancasila pada akhirnya selalu gagal. Sehingga kita tetap memiliki Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa.

“Kita harus bangga mengatakan pancasila sakti. Karena ia memiliki daya kekuatan yang sangat tinggi untuk terus bertahan. Sebagai kumpulan nilai-nilai penting dan luhur dalam mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara kita,” kata Jarot saat menyampaikan amanat pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Bupati Sintang.

Tema nasional Hari Kesaktian Pancasila adalah: Pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju dan bahagia. Kata kuncinya pada penguatan karakter bangsa dan Indonesia maju dan bahagia.

“Melalui tema ini, kita dituntut mampu memahami dan mengamalkan Pancasila secara terpadu dan terus menerus. Agar lahir sosok karakter bangsa yang mampu menghadirkan ke-Indonesia-an maju dan sekaligus bahagia,” katanya.

Karakter bangsa merupakan tabiat, watak, sifat kejiwaan atau budi pekerti yang tumbuh pada suatu bangsa, yang tercermin pada sikap dan perilaku yang membedakan dengan bangsa lain. Pemahaman ini menunjukkan karakter bangsa menentukan keberadaan dan kemajuan suatu bangsa. Tatkala karakter bangsa itu hilang atau memudar, maka hilang atau pudarlah bangsa itu.

“Maka dari itu, upaya membangun karakter bangsa indonesia menjadi tugas sejarah kita yang tidak pernah selesai. Pada Pancasila-lah kita sandarkan upaya membangun karakter bangsa,” katanya.

Upaya ini membutuhkan komitmen dan konsistensi yang kokoh dari kita semua. kita tidak boleh lelah, lengah, kendor apalagi patah semangat. “Justru yang kita butuhkan adalah komitmen dan konsistensi yang terus meninggi dan meningkat, sehingga ideologi Pancasila tetap terjaga,” sambungnya.

Dikatakan dia, ditengah kondisi yang komplek sekarang ini, solusinya tidak lain adalah teguh memegang nilai-nilai Pancasila. Karema membentuk karakter tangguh anak bangsa. “Kita harus pastikan nilai-nilai pancasila dapat terus diterima, dicerna, resapi dan diaktualisasikan diseluruh sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya.

Momentum hari Kesaktian Pancasila, hendaknya kita terus kobarkan semangat untuk berbuat dan bekerjasama mengamalkan Pancasila diberbagai bidang. “Siapapun dan apapun status yang dimiliki, kita harus mewujudkan nilai-nilai Pancasila secara nyata. Perlahan-lahan dan terus menerus. sehingga nilai pancasila menjadi aktual  dan kontekstual,” katanya.

“Mari kita terus memahami, menjaga, merawat dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa dan jati diri bangsa kita,” pesan Jarot.