Berharap Harga Karet Naik

oleh
Kusnadi, Anggota DPRD Sintang

BERITA-AKTUAL.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Kusnadi mengungkapkan bahwa saat ini masyarakat sangat mengeluhkan anjloknya harga karet.

“Harga getah karet yang terus menurun selalu dikeluhkan masyarakat. Karena selama ini, getah karet menunjang perekonomian masyarakat. Kalau harga getah karet menurun, ekonomi masyarakat juga merosot,” kata Kusnada pada berita-aktual.com di Gedung DPRD Sintang belum lama ini.

Makanya, kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pihaknya mendorong pemerintah agar bisa membantu petani karet. “Kami berharap pemerintah menaikan harga getah bagaimanapun caranya. Agar, ekonomi masyarakat membaik,” katanya.

Ia mengakui, harga karet masyarakat anjlok tidak terlepas dari kualitasnya yang tidak begitu baik. Oleh karena itu ia mendorong masyarakat supaya memperbaiki kualitas karet yang dimaksud.

“Kalau mutu karet bagus, saya yakin akan dihargai lebih baik. Meski harganya sulit kembali seperti dulu, setidaknya tidak dihargai dengan murah,” ucapnya.

Selain karet, kata Kusnadi, komoditas lain seperti sawit harganya kurang begitu baik. Kondisi ini juga dikeluhkan oleh petani sawit mandiri. “Sekarang semuanya anjlok, karet turun, begitu juga sawit,” ucapnya.

Meski masyarakat bisa mengandalkan komoditas lain untuk menambah penghasilan seperti menanam sayur-sayuran, tapi tetap saja sulit mengganti karet yang sudah dijalani masyarakat turun temurun.

“Solusi dengan menganti ke komoditas lain saya kira bisa dilakukan. Tapi, masyarakat biasanya hanya menanam sayuran untuk konsumsi sendiri. Kalau mereka berfikir untuk diperjualbelikan dan dikembangkan serius, saya kira bisa menjadi alternatif penghasilan,” ucapnya.