Dewan Perbatasan Sambut Positif Pembangunan Border Sungai Kelik

oleh
Heri Jambri, Anggota DPRD Sintang

BERITA-AKTUAL.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang Heri Jambri mengaku senang dengan dibangunnya border Tipe B di Desa Sungai Kelik Kecamatan Ketungau Hulu. Apalagi, wacana sebelumnya border Sungai Kelik hanya dibangun Tipe C.

“Pembangunan border Tipe B dampaknya banyak sekali. Jika border Tipe C, tidak bisa kendaraan. Tidak bisa aktivitas ekonomi. Hanya bisa orang saja. Nah, dengan dibangun Tipe B, masyarakat bisa menjual hasil pertanian ke Malaysia,” kata Heri Jambri pada berita-aktual.com, belum lama ini.

Makanya, politisi asal Kecamatan Ketungau Hulu ini berterima kasih pada pemerintah yang sudah membangun border Tipe B di perbatasan Sintang-Malaysia.

“Kita berterima kasih atas kenaikan status menjadi Tipe B. Karena manfaat yang luar biasa dari segi ekonomi untuk masyarakat perbatasan,” katanya.

Selain mendapat keuntungan ekonomi, dari sisi pertahanan keamanan juga sangat bermanfaat. Karena arus barang dan orang bisa termonitor dengan baik.

“Selama ini masyarakat lewat jalan tikus. Kita ndak tahu apa yang mereka bawa. Siapa yang lewat juga tidak diketahui selama ini. Dengan adanya border, tentu sangat membantu dari sisi keamanan khususnya untuk kita di perbatasan,” ucapnya.

Meski mendukung, legislator Partai Hanura ini mewanti-wanti pemerintah agar menjaga Hutan Produksi Terbatas (HPT) di lokasi pembangunan border Sungai Kelik.

“Kalau pemerintah ingin menjaga itu, kita sangat berterima kasih. Karena HTP tersebut merupakan salah satu sumber air bagi daerah Ketungau. HPT ini juga bagian dari Heart of Borneo (HoB). Ini kearifan lokal yang harus sama-sama kita pertahankan,” jelasnya.