Pemkab Sintang Bangun Puskesmas Rawat Inap di Desa Jasa

oleh
Bupati Sintang Jarot Winarno meninjau pembangunan Puskesmas Jasa di Kecamatan Ketungau Hulu

BERITA-AKTUAL.COM  – Satu lagi fasilitas kesehatan yang dibangun pemerintah untuk melayani masyarakat perbatasan. Fasilitas kesehatan berupa Puskesmas tersebut dibangun Pemerintah Kabupaten Sintang di Desa Jasa Kecamatan Ketungau Hulu.

Desa Jasa merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Puskesmas Jasa dibangun megah dengan fasilitas rawat inap. Anggarannya sebesar Rp 8 Miliar.

Untuk melihat progress pembangunan Puskesmas Jasa, Bupati Sintang Jarot Winarno langsung turun kelapangan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh, Selasa (15/10/2019).

“Saya mengapresiasi kepada pihak yang telah memiliki inisiatif untuk membangun Puskesmas di Desa Jasa. Salah satunya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang. Dia memiliki inisiatif yang bagus untuk membangun puskesmas disini. Tentunya tidak terlepas atas kerjasama dengan masyarakat yang memiliki alat yang lengkap. Ini luar biasa,” ucap Jarot.

Menurut Jarot, dengan dibantunya oleh masyarakat yang memiliki peralatan yang lengkap, pembangunan Puskesmas Jasa dapat dipacu lebih cepat.

“Ini sebenarnya deviasi sekitar 12 persen dari masa normalnya. seharusnya sudah bertambah. Tetapi dengan dibantu oleh masyarakat, tentunya proses pengerjaan pembangunan puskesmas ini akan cepat. Karena peralatan sudah lengkap, nanti tinggal meubeler saja yang masuk,” tuturnya.

Masih kata Bupati Sintang, terkait pembangunan Puskesmas Jasa ini tak terlepas dari dukungan dan bantuan dari tokoh masyarakat desa Jasa.

“Ada warga yang memberikan hibah tanah. Namanya Pak Laman, beliau  bersedia menghibahkan atau menyumbangkan tanahnya untuk pembangunan puskesmas Jasa ini”, ujarnya.

Selain itu juga, Jarot menambahkan bahwa ketika sudah dibangun Puskesmas Jasa ini. Nantinya akan  tepat berhadapan dengan kantor Kecamatan Jasa.

“Di depan puskesmas ini direncanakan akan dibangun kantor Kecamatan Jasa kalaulah berhasil dimekarkan,” tambahnya.