Dewan Puji Aksi Pungut Sampah Relawan Sintang

oleh
Gulam Raziq, anggota DPRD Sintang

BERITA-AKTUAL.COM – Dalam berbagai kesempatan, sejumlah komunitas relawan peduli sampah kerap melakukan aksi disejumlah tempat umum dalam kota Sintang. Relawan yang sebagian besar anak muda ini, memberikan contoh nyata dengan turun ke lapangan untuk membersihkan sampah secara langsung.

Tempat-tempat umum seperti Taman Bungur, Lapangan Terbang Susilo, Komplek Stadion Baning hingga pasir pantai Sungai Durian ketika kemarau, tak luput dari aksi pungut sampah relawan. Kegiatan ini terbukti sangat membantu masyarakat dan membuat lingkungan menjadi bersih.

Kegiatan positif generasi muda Sintang ini mendapat pujian anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Gulam Raziq. Ia mengatakan, aksi tersebut pantas ditiru oleh daerah lain karena memberikan dampak pada kebersihan lingkungan.

“Yang saya tahu, aksi memungut sampah di fasilitas umum sering dilakukan oleh relawan. Kegiatan ini sangat positif dan bisa jadi teladan bagi generasi muda lain,” kata Raziq.

Politisi Daerah Pemilihan (Dapil) Sintang Kota ini menambahkan, kegiatan ini selain berdampak langsung pada kebersihan lingkungan, juga bisa menjadi pemicu bagi masyarakat agar semakin disiplin membuang sampah pada tempatnya. Bukan malah membuang sampah ke sungai, tempat terbuka atau fasilitas umum.

“Semoga dengan kegiatan ini masyarakat makin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan. Salah satu hal sederhana bisa kita lakukan adalah tidak membuang sampah sembarangan,” ajaknya.

Legislator dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengatakan bahwa sudah saatnya kita semua sadar bahwa menjaga lingkungan bersih adalah tugas bersama. “Tanpa dimulai dari hal-hal kecil atau diri kita sendiri, mustahil kebersihan lingkungan secara luas akan terjaga,” ucapnya.