PKB Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Sintang

oleh
Pengurus DPC PKB Sintang menyampaikan keterangan pers pada wartawan terkait penjaringan balon Bupati dan Wakil Bupati Sintang pada Pilkada Sintang tahun 2020

BERITA-AKTUAL.COM – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Sintang akan membuka pendaftaran bakal calon (balon) Bupati dan balon Wakil Bupati Sintang untuk Pilkada Sintang tahun 2020.

Kepastian itu disampaikan Ketua DPC PKB Sintang Muhammad Rizka Wahab pada wartawan, Rabu (15/1/2020). Turut hadir M Chomain Wahab, Syahroni, Anggota DPRD Sintang dari Fraksi PKB yakni Santosa (Ketua Komisi A DPRD Sintang), Kusnadi dan Alpius.

“Pendaftaran dibuka mulai besok tanggal 16-22 Januari 2020 di Sekretariat PKB Jalan Taruna Pasar Inpres Sintang,” kata Syahroni, Wakil Ketua II DPC PKB Sintang.

Dengan resmi dibukanya penjaringan balon bupati dan wakil bupati, ia menyilahkan figur yang ingin berkompetisi dalam Pilbup Sintang untuk mendftar ke PKB,“ ucapnya.

Ketua DPC PKB Sintang Muhammad Rizka Wahab mengatakan bahwa pendaftaran balon bupati dan wakil bupati terbuka untuk siapapun termasuk kader. “Nanti ada proses penjaringan. Kemudian hasil penjaringan itu dibawa secara berjenjang ke DPW hingga DPP. Nanti, DPP yang memutuskan siapa yang akan diusung,” ucap pria yang akrab disapa Agam ini.

Politisi yang juga anggota DPRD Provinsi Kalbar ini menambahkan, bagi kader yang mendaftar, tetap harus mengikuti mekanisme penjaringan. “Mereka diperlukan sama dengan figur lainnya yang mendaftar. Mereka (kader) juga harus mengikuti tahapan yang sama dalam penjaringan ini,” ucapnya.

Untuk Pilkada Sintang tahun 2020, Agam memastikan bahwa PKB terbuka untuk berkoalisi dengan partai lain. Mengingat, PKB Sintang hanya mempunyai 4 kursi dan tiba bisa mengusung calon sendiri. “Pada Pilkada Sintang, target kami menang. Soal akan mengusung nomor 1 atau nomor 2, nanti DPP yang menentukan,” ucapnya.

Sementara itu, M. Chomain Wahab yang juga merupakan salah satu kader PKB Sintang menyatakan dirinya akan mendaftar. “Sebagai kader PKB, saya akan mendaftar juga. Hanya saja untuk maju masih melihat peluang karena politik itu dinamis,” katanya.