Disnakertrans Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

oleh
Foto bersam usai pembukaan kegiatan Pelatihn Berbasis Kompetensi (PBK).

BERITA-AKTUAL.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sintang menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi, Rabu (4/3) di Aula Loka Latiha Kerja Teluk Menyurai.

Sekraetaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Mahadum Marikan menyampaikan, kegiatan yang berbasis kompetensi seperti ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan keahlian para peserta dalam bekerja. Selain itu juga, diharapkan mampu menigkatkan kompetensi serta produktivitas peserta.

“Yang paling penting adalah bisa memberikan peluang kerja bagi para peserta setelah mengikuti pelatihan yang sesuai pada kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja. Kemdian dapat menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Sintang,” harapnya.

Mahadum menambahkan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sintang melaksanakan Pelatihan Berbasik Kompetensi (PBK) melalui Kementerian Tenaga Kerja Republik indonesia. Dalam hal ini peserta pelatihan selama mengikuti kegiatan pelatihan melalui beberapa fase atau gelombang.

“Untuk pembukaan pada hari ini merupakan gelombang pertama. Jumlah peserta sebanyak 96 orang dengan 6 orang pelatih. 1 pelatih masing-masing membawahi atau mengajar 16 peserta,” bebernya.

Para peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK), kata Mahadum, terdiri dari unsur masyarakat di 14 kecamatan, mantan narapidana dari Bapas dan Lapas di Kabupaten Sintang.

“Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) ini dilaksanakan selama 33 hari atau 260 jam pelajaran. Kegiatan dilaksanakan mulai dari tanggal 4 maret sampai dengan 9 April 2020. Seluruh kegiatan ini dipusatkan di UPTD  LLK UKM Unit Pelatihan Tingkat Dasar Loka Latihan Kerja Usaha Kecil Menenggah jalan Teluk Menyurai Sintang,” pungkasnya.