Antisipasi Corona, Dewan Imbau Warga Perbatasan Sintang Tidak ke Malaysia

oleh
Ketua Komisi C DPRD Sintang Melkianus, memimpin rapat dengan Dinas Kesehatan Sintang

BERITA-AKTUAL.COM – Pemerintah akhirnya mengumumkan bahwa ada dua warga Indonesia positif terkena virus corona. Pengumuman itu disampaikan Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto.

Untuk mencegah penularan penyakit tersebut, Sekretaris Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang Melkianus, mengimbau warga agar menunda dulu bepergian ke luar negari. Terlebih jika negara yang dituju sudah ditemukan kasus positif virus corona.

“Saya mengimbau pada masyarakat agar membatasi kunjungan ke luar negeri. Seperti Malaysia, Singapura, Thailand atau negara tetangga lainnya yang berbatasan langsung dengan Indonesia. Kalau ada kunjungan yang sifatnya masih bisa ditunda, baik itu oleh pemerintah maupun masyarakat, kita minta dibatasi,” imbau Melkianus saat ditemui berita-aktual.com di DPRD Sintang.

“Bahkan, kita minta jangan dulu melakukan kunjungan ke luar negeri. Karena, saat ini dunia sedang dihantui oleh virus corana yang sedang mewabah. Kecuali, ada hal yang sangat prinsip dan tidak bisa ditunda. Apa boleh buat lah,” kata Melkianus.

Khusus untuk warga perbatasan di Kabupaten Sintang yang berbatasan dengan Malaysia, politisi Golongan Karya (Golkar) juga berharap hal serupa. “Kepada masyarakat yang berlalu-lalang ke Malaysia, supaya bisa membatasi diri. Khususnya saat ini,” ucapnya.

Terkait antisipasi corona di Bumi Senentang, Melkianus menyampaikan bahwa Komisi C DPRD Sintang sudah melakukan pertemuan dengan Dinas Kesehatan Sintang. Dalam pertemuan itu, diupayakan untuk mencari solusi terkait pencegahan virus corona. “Kita akan mencari solusi untuk mencegah virus corona khususnya di Sintang ini,” kata Melkianus.