Sampaikan Perkembangan Kasus Corona pada Masyarakat

oleh
Welbertus, Anggota DPRD Sintang

BERITA-AKTUAL.COM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Welbertus meminta agar pemerintah melalui Dinas Kesehatan memberikan penyuluhan kepada masyarakat Sintang terkait virus corona atau covid-19. Termasuk juga mengenai perkembangan hal tersebut di Kabupaten Sintang.

Permintaan itu disampaikan Welbertus menyusul adanya hoaks yang beredar terkait 1 pasien positif corona di Kabupaten Sintang. Hal itu langsung diklarifikasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dan RSUD Ade M Djoen Sintang dengan menggelar press release.

“Saat ini kita melihat adanya kegelisahan ditengah masyarakat terkait dengan sebaran virus corona di Indonesia yang korbannya terus bertambah. Maka sangatlah penting agar dilakukan penyuluhan dan penjelasan yang benar dari pemerintah melalui dinas terkait supaya kepanikan ditengah masyarakat dapat dikurangi,” kata Welbertus.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengimbau masyarakat agar tidak panik dan mudah termakan oleh berita bohong yang tidak jelas sumbernya. “Saya imbau agar jangan panik. Hati-hati saat mendapatkan informasi. Sek kebenarannya. Pastikan bahwa info tersebut bukan hoaks. Karena kepanikan justru dapat menimbulkan kebingungan dan dapat memicu timbulnya penyakit lain,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harysinto Linoh mengatakan bahwa postingan yang beredar, baik melalui story WhatsApp maupun media sosial lainnya, bahwa 7 orang dalam pemantauan dan 1 orang positif corona, adalah tidak benar.

Ia mengatakan, berita tersebut dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga meresahkankan masyarakat Kabupaten Sintang. “Hoaks tersebut sudah kami laporkan ke Polres Sintang agar ditindaklanjuti,” katanya.