Deklerasi ODF Langkah untuk Jaga Kebersihan diri dan Lingkungan

oleh
Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri deklerasi ODF di Desa Mensiap Baru.

BERITA-AKTUAL.COM – Bupati Sintang, Jarot Winarno kembali menghadiri deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Kali ini dilaksanakan Desa Mensiap Baru, Kecamatan Tempunak, Kamis (26/3). Desa Mensiap Baru merupakan desa ke-60 sebagai desa ODF di Kabupaten Sintang.

Sebelum kegiatan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan dimulai, Tim Tanggap Covid-19 UPTD Puskesmas Tempunak melakukan tindakan skrining kesehatan. Seperti penggunaan hand sanitizer dan pengecekan suhu badan kepada masyarakat yang hadir. Termasuk Bupati Sintang Jarot Winarno berserta rombongan.

Turut mendampingi Bupati yakni Kepala Bappeda yang juga Duta Stunting Sintang Kartiyus, Kadis PU Murjani, Kadis Perkim Zulkarnain, Camat Tempunak, jajaran Dinas Kesehatan dan undangan lainnya.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan, dengannya adanya deklarasi ODF atau tidak buang air besar sembarangan. Adalah salah satu langkah untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Karena kalau kita melakukan tindakan buang air besar sembarangan. Ketika kotoran yang kita buang dihinggapi lalat karena banyak kuman. Kemudian lalat terbang kesana kemari lalu hinggap di makanan yang kita konsumsi tertutama bagi anak-anak. Hal itu sangat berdampak besar bagi kesehatan.

“Karena bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti diare, BAB lendir, tipes dan lainnya. Bahkan menghambat pertumbuhan si anak, sehingga anak itu menjadi stanting,” jelas Jarot.

Oleh karena itu, menerapkan pola hidup bersih dan sehat sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. “Semua itu demi kebaikan kita bersama,” pungkas Jarot.