Stok Kebutuhan Pokok Aman untuk Tiga Bulan Kedepan

oleh
Sudirman, Kasidperindagkop dan UKM.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang, Sudirman memastikan bahwa stok kebutuhan pokok untuk Kabupaten Sintang tersedia hingga 3 bulan kedepan.

“Berdasarkan rapat terbatas (Ratas) antara Pemkab Sintang dengan para agen, pedagang eceran dan pedagang grosir tanggal 1 April lalu di ruang rapat Sekda. Diperoleh informasi bahwa menyangkut stok barang kebutuhan pokok dan barang penting lainnya, sampai dengan waktu 3 bulan kedepan tercukupi atau tersedia,” kata Sudirman ketika dihubungi berita-aktual.com, Kamis (2/4).

Kecuali, kata Sudirman, untuk jenis barang yakni gula pasir yang masih terbatas stoknya. Akibatnya harga di pasaran cenderung tinggi. “Untuk antisipasi, ada gula impor yang akan dikirim ke daerah. Tapi, diperkirakan Minggu ke dua bulan April ini, gula import mulai datang di tingkat distributor Pontianak maupun melalui Bulog,” bebernya.

Kerdasarkan penjelasan Kepala Bulog Sintang, kata Sudirman, gula akan di-droping dari Bulog Pusat ke Bulog Provinsi. “Gula tersebut diperkirakan Minggu ke 2 atau Minggu ke 3 April sampai ke Pontianak. Setelah itu dikirim ke Kabupaten Sintang,” jelasnya.

Sedangkan untuk harga barang, kata Sudirman, bisa dikatakan masih stabil. Kecuali untuk jenis-jenis komoditi tertentu. “Saat ini harga gula naik, pada hari ini sudah mencapai Rp 21 – 22 ribu per kilogram. Harga telur ayam Rp 1.700/butir, bawang putih/merah, serta daging sapi. Namun ada penurunan harga untuk daging ayam potong,” ucapnya.