Ini Jumlah Tugas Pembantuan yang Diterima Sintang

oleh
Wakil Bupati Sintang, Askiman menyerahkan LKPJ Bupati Sintang tahun 2019 kepada Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny.

BERITA-AKTUAL.COM – Ketika menyampaikan Laporan Keterangan Pertangungjawaban Bupati Sintang tahun 2019 dalam sidang paripurna di DPRD Sintang yang dipimpin Ketua DPRD Sintang Florensius Ronny. Wakil Bupati Sintang Askiman menyampaikan tugas pembantuan yang diterima oleh Pemkab Sintang tahun 2019.

Pertama, program bina administrasi kewilayahan, pembinaan dan pengembangan kawasan perkotaan dan batas negara. Instansi pemberi tugas pembantuan adalah Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Instansi pelaksana Badan Pengelola Perbatasan Kabupaten Sintang.

“Kegiatan yang dilaksanakan adalah pembangunan sarana dan prasarana pemerintahan di wilayah perbatasan antar negara. Yakni pembangunan kantor Desa Sungai Pisau Kecamatan Ketungau Hulu. Adapun jumlah pagu anggaran sebesar Rp 850 juta dengan realisasi anggaran sebesar 791,9 juta atau 83,5 persen,” beber Askiman.

Kedua, program pencegahan dan pengendalian penyakit menular (filarisasi dan cingan). Bantuan dari Kementerian Kesehatan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu pengobatan massal filarisasi dan kecacingan yang tersebar di desa se- Kabupaten Sintang.

“Adapun jumlah pagu anggaran sebesar Rp 310 juta dengan realisasi anggaran sebesar 250,8 juta atau 80,87 persen,” jelasnya.

Mengenai pembiayaan daerah Kabupaten Sintang tahun 2019, dari target sebesar Rp 233 miliar, dapat terealisasi sebesar Rp 235 miliar atau 101,03 persen.

“Untuk penerimaan pembiayaan daerah dapat terealisasi 100 persen. sedangkan pengeluaran pembiayaan daerah dapat terealisasi sebesar 80,87  persen,” urai Askiman.