Cerita Kadinkes Sintang yang Tetap Bekerja saat Paskah Ditengah Pandemi COVID-19

oleh
dr. Harysinto Linoh, Kadinkes Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Perayaan Paskah tahun ini dirayakan umat Nasrani dengan berbeda. Jika sebelumnya rangkaian peringatan Paskah diikuti umat di gereja. Sekarang ini dilakukan di rumah masing-masing melalui streaming untuk mencegah COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Sintang dr. Harysinto Linoh mengatakan, secara pribadi perayaan Paskah mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, hingga malam Paskah semuanya diikuti melalui steaming yang dilakukan oleh Gereja Katedral Kristus Raja.

“Memang agak sedih sih Paskah kali ini. Kita tidak bisa datang ke gereja untuk melaksanakan Paskah, tapi harus dirumah melalui streaming. Biasanya kita bersama keluarga ke gereja untuk ibadah dan bertemu rekan-rekan yang lain. Tapi kita ambil hikmahnya saja,” kata Sinto, Minggu (12/4).

Ia mengatakan, mengingat rangkaian Paskah terjadi saat pandemi COVID-19, pihaknya tetap berkomitmen untuk melakukan pelayanan pada masyarakat. Yakni dengan stand by di Posko COVID-19 Dinas Kesehatan Sintang bersama petugas lainnya.

“Kami seluruh teman-teman yang terlibat dalam Gugus Tugas Penanganan Covid, walaupun ada perayaan Jumat Agung maupun Paskah, tetap hadir di Posko. Kami tetap mengerjakan laporan. Kami juga mengerjakan administrasi. Teman-teman di lapangan tetap bekerja seperti biasa,” bebernya.

“Dikesempatan ini, saya mengucapkan selamat Paskah kepada seluruh masyarakat terurama tenaga medis di Kabupaten Sintang. Tetap semangat, jangan putus asa. Kita tetap lakukan yang terbaik meski ada keterbatasan,” ucap Sinto.

Dikatakan Sinto, Posko COVID-19 Dinas Kesehatan buka 24 jam dan tanpa ada tanggal merah. Di Posko, aktivitas yang paling urgen adalah menerima laporan masuk dari masyarakat. Kemudian laporan diolah dan didistribusikan ke Puskesmas-Puskesmas.

“Kami tetap stand by terutama untuk kasus-kasus yang perlu kunjungan dari tim medis ke rumah. Belum lagi laporan harian ke pusat dan provinsi. Jadi sudah tidak ada jam kerja lagi di Posko COVID-19. Buka 24 jam. Selain ndak ada jam kerja. Juga ndak ada hari libur. Semua tanggal ndak ada yang merah. Dengan adanya kondisi tersebut, saya berdoa semoga teman-teman tetap sehat, semangat dan jangan putus asa,” ucapnya.