Pemerintah akan Menata Sejumlah Pasar di Kota Sintang

oleh
Wakil Bupati Askiman menegaskan bahwa pasar di Kota Sintang akan ditata lebih baik. Mengingat banyak yang belum optimal.

BERITA-AKTUAL.COM – Pemerintah Kabupaten Sintang berencana akan melakukan penataan sejumlah pasar di Kota Sintang. Dalam melakukan penataan akan disesuaikan dengan standar yang ada.

Untuk membahas penataan itu, Askiman memimpin jalannya rapat koordinasi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang di Balai Pegodai, Rabu (15/4). Rapat koordinasi membahas rencana penataan sejumlah pasar di Kota Sintang yang mengalami sejumlah persoalan tersebut, dihadiri sejumlah Kepala OPD yang terkait langsung dengan pasar.

Wakil Bupati Sintang, Askiman menjelaskan bahwa pasar yang ada dalam Kota Sintang sudah memiliki fasilitas umum yang baik. Ia menilai Pasar Junjung Buih sudah baik namun fungsinya belum maksimal. Seperti lantai dua dan lantai tiga yang belum difungsikan.

“Kawasan Pasar Inpres tata parkirnya perlu diperbaiki. Pasar di Jalan Brigjen Katamso juga harus kita awasi. Karena menurut saya sudah mulai semerawut,” kata Askiman.

Hal ini tidak terlepas dari banyaknya pedagang yang berjualan di jalan tersebut. Bahkan memanfaatkan waterfront yang dibangun pemerintah.

“Jangan sampai mereka sudah bangun permanen baru kita tertibkan. Waterfront sudah ada, maka sekitarnya juga kita atur,” ucapnya.

Mengenai Pasar Baning, Askiman menilai juga belum maksimal. “Kalau ada pedagang yang tidak aktif, ganti saja. Karena banyak orang yang mau berjualan tetapi tidak mendapatkan tempat,” tegasnya.

Kemudian, Pasar Cipta Mandiri belum ada keluhan dari masyarakat. Keluhan justru banyak terjadi di Pasar Masuka soal perparkiran. “Penataan parkir amburadul. Ini yang harus dibenahi,” kata Askiman.