Siapkan Isolasi Mandiri untuk OTG

oleh
Bupati Sintang, Jarot Winarno meninjau tempat yang akan dijadikan isolasi mandiri OTG.

BERITA-AKTUAL.COM – Bupati Sintang Jarot Winarno meninjau dua tempat yang akan dijadikan sebagai tempat isolasi mandiri untuk Orang Tanpa Gejala. Tempat tersebut adalah eks Asrama Akper Pontianak dan juga meninjau Mess Diklat BKPSDM Kabupaten Sintang di komplek Gedung Serbaguna Sintang, Jalan YC Oevang Oeray Sintang.

“Jadi, kita ndak boleh tanggung-tanggung cuma nyiapkan dua tiga kamar untuk isolasi mandiri. Tapi kita nyiapin yang bisa menampung 10 sampai 20,” kata Jarot.

Tempat pertama, kata Jarot, yaitu mess diklat BKPSDM yang di gedung serbaguna. “Kan jauh dari pemukiman masyarakat. Kedua kita siapkan bagian belakang gedung eks Akper Pontianak. Saya sudah minta izin Pak Gubernur ya, kemudian Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, sudah ok semuanya,” ujar Jarot.

Jarot menjelaskan, mess Diklat BKPSDM Sintang di komplek Gedung Serbaguna, selain jauh dari pemukian warga, juga sarana dan prasarannya mencukupi. Terutama kamar, untuk satu orang, masing-masing satu kamar. Dan juga tersedia beberapa kamar mandi.

“Tempat ini sangat ideal. Seperti halnya juga dengan gedung belakang Akper Pontianak tersebut juga jauh dari pemukiman warga. Karena gedungnya di bagian belakang,” ucapnya.

Ia menegaskan, standard isolasi mandiri akan diterapkan sesuai protocol COVID-19. “Mereka tidak berinteraksi ke luar. Harus menggunakan masker. Mengerjakan sesuatunya, mereka lakukan secara mandiri,” ucapnya.

“Kemudian jaga jarak. Kalau kita ngantar makanan, kan ditaroh di suatu tempat. Dia mesti ngambil sendiri. Kemudian yang ngantarpun harus menggunakan sarung tangan dan sebagainyakan. Makan sendiri. Selesai kembalikan sendiri,” terang Jarot.