Sintang Akan Beli Mobile Combat COVID-19 untuk Percepat Hasil Tes Swab

oleh
dr.Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Kepala Dinas Kesehatan, dr.Harysinto mengatakan bahwa Kabupaten Sintang akan membeli mobile combat COVID-19. Pembelian mobil tersebut dilakukan agar Sintang bisa melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) sendiri.

“Kita akan mengajukan penggunaan dana BTT untuk pembelian mobile combat COVID-19. Berdasarkan video conference (vicon) dengan Gubernur Kalbar, pembelian akan dibantu setengahnya oleh Pemprov,”  kata Sinto.

Sinto mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pemesanan mobile combat COVId-19 yang dimaksud. Ia berharap mobil tersebut bisa secepatnya tiba di Kabupaten Sintang. “Janjinya dua minggu. Mudah-mudahan dalam jangka waktu tersebut sudah terealisasi,” harapnya.

Sebelumnya, saat vicon dengan Gubernur Kalimantan Barat, 2 Juni 2020 lalu. Bupati Sintang Jarot Winarno mengeluhkan soal lambatnya mendapatkan hasil swab. Ada pasien yang sudah dirawat 28 hari tetapi belum menerima hasil tes swab.

“Itu terlalu lama dan menyulitkan kami dan menyerap anggaran yang besar. Padahal secara klinis orang ini sudah bisa dipulangkan. Kami sudah meminta kepada Tim Gugus Tugas Nasional untuk membeli alat tes PCR,” katanya.

“Kami juga berharap Pemprov Kalbar bisa membantu. Karena kalau alat PCR ini, kami bisa melayani tes untuk pasien di Sintang, Kapuas Hulu, Melawi, Sekadau dan Sanggau,” Jarot.