Sintang Tambah 14 Kasus Corona, 6 Orang dari Klaster Kesehatan

oleh
Jarot Winarno, Bupati Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Bupati Sintang Jarot Winarno kembali mengumumkan penambahan kasus COVID-19 di Kabupaten Sintang. Pada hari ini Jumat (19/6), kasus bertambah sebanyak 14 orang.

“Dari 14 kasus tambahan, 6 diantaranya merupakan klaster kesehatan. Dari lini satu (petugas kesehatan), yang terkonfirmasi positif 3 orang. Satu orang dari lini kedua (keluarga). Kemudian, dari lini ketiga (tetangga), sebanyak dua orang,” kata Jarot saat press release di Pendopo Bupati, Jumat malam.

Sebagian kasus konfirmasi positif dari klaster kesehatan, kata Jarot, akan melanjutlan isolasi mandiri di rumahnya. “Karena mereka ini sudah melakukan isolasi mandiri sejak tanggal 6 Juni. Ada yang juga yang melakulan isolasi mandiri sejak 3 Mei. Hari ini keluar hasil swabnya dan dinyatakan¬† terkonfirmasi positif,” jelasnya.

Jarot menjelaskan, tambahan kasus lainnya merupakan klaster umum sebanyak 3 orang.  Selanjutnya dari klaster Menyumbung Tengah (Menteng) sebanyak 2 orang. Namun berasal dari lini ketiga.

“Klaster Menteng ini bukan berarti tinggalnya di sana. Kasus konfirmasi positif selalu saya minta agar diumumkan alamatnya, agar meningkatkan kewaspadaan masyarakat,” tegas Jarot.

Kasus tambahan lainnya berasal dari klaster¬† Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Sintang. Jumlahnya 3 orang. “Jadi, kasian juga mereka ini. Pagi siang malam bekerja, kemudian positif pula. Mereka ini merupakan anggota Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” bebernya.

Dijelaskan Jarot, semua kasus konfirmasi positif merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). “Ini membuktikan bahwa kasus corona 86 merupakan OTG. Kalau kita tidak pandai-pandai mencarinya, tidak akan dapat,” katanya.

Dengan adanya penambahan 14 kasus. Total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Sintang sebanyak 28 orang. 5 diantaranya sudah sembuh.