Semua Pasien COVID-19 dari Klaster Jembatan Kapuas Dinyatakan Sembuh

oleh
dr.Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Lima orang dari klaster jembatan Kapuas di Kabupaten Sintang dinyatakan sembuh dari COVID-19. Kabar gembira tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Sintang, dr. Harysinto Linoh.

“Berdasarkan hasil swab PCR yang dikeluarkan dari RSPAD tanggal 26 Juni 2020, kami mendapatkan hasil lima orang konfirmasi COVID-19 yang dinyatakan sembuh. Semuanya berasal dari klaster Jembatan Kapuas,” kata dr. Sinto saat press release di Posko COVID-19 Dinas Kesehatan Sintang, Sabtu (27/6).

Selain itu, berdasarkan hasil swab PCR dan laboratrium Untan, 2 kasus probable yang dirawat di Rumah Sakir Rujukan Ade M Djoen Sintang dinyatakan negatif COVID-19. “Yang dinyatakan sembuh dari pria 42 tahun dan anak berumur 2 tahun. Semuanya dari klaster umum Kecamatan Sintang,” bebernya.

Untuk kasus yang sembuh, kata Sinto, riwayat perjalanan penyakitnya hampir sama. Pertama kali reaktif tanggal 29 Mei. Kemudian dilakukan swab dan menjalani isolasi mandiri dibawah pengawasan Dinas Kesehatan. Isolasi sudah berlangsung selama 30 hari sejak dinyatakan reaktif hingga sembuh.

“Selamat pada kelima orang yang dinyatakan sembuh. Mudah-mudahan kasus sembuh pasien COVID-19 di Sintang semakin bertambah. Untuk kasus probable, karena sudah dinyatakan negatif, bisa kembali ke rumah untuk beraktivitas seperti biasa,” ucapnya.

 

Patuhi Protokol Kesehatan

Sinto juga mengingatkan pada masyarakat Sintang bahwa dimasa transisi new normal ini agar tetaplah mematuhi protokol kesehatan. “Gunakan masker, physical distancing, cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir,” katanya.

Yang paling penting, kita tidak usah panik. Tapi, tetap harus berhati-hati. Patuhi semua protokol kesehatan yang disampaikan pemerintah. “Jalani kehidupan menuju new normal dengan baik, sehat dan aman,” imbaunya.