BRI Sintang Luncurkan Gerakan Pakai Masker di Pasar Masuka

oleh
Pimpinan Cabang BRI Sintang, Catur Wahyu Endra Yogianta bersama Kadisperindagkop dan UKM Sintang, Sudirman membagikan masker pada para pedagang Pasar Masuka, Kelurahan Kapuas Kanan Hilir.

BERITA-AKTUAL.COM – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Sintang meluncurkan Gerakan Pakai Masker di Pasar Masuka, Kelurahan Kapuas Kanan Hilir, Selasa pagi (7/7).

Peluncuran gerakan tersebut dilakukan secaara simbolis oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UM) Sintang, Sudirman. Dia mewakili Bupati Sintang Jarot Winarno.

Dikesempatan itu, dilakukan pula bakti sosial. Diantarannya, pembagian masker gratis. Pembagian kaos untuk petugas penyemprot disinfektan. Serta, peresmian tempat mencuci tangan untuk pedagang dan pengunjung Pasar Masuka.

Pimpinan Cabang BRI Sintang, Catur Wahyu Endra Yogianta mengatakan, peluncuran Gerakan Pakai Masker di Pasar Masuka sejalan dengan program BRI yang dicanangkan.

“Ini merupakan salah satu rangkaian Pasar Ramadhan Simpedes yang telah dilaksanakan sejak awal Ramadhan lalu. Salah satu programnya, menabung dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan hadiah langsung dari BRI. Hari ini, rangkaian kegiatan kita tutup dengan pelucuran peluncuran Gerakan Pakai Masker di Pasar Masuka sekaligus bakti sosial,” ungkap Catur.

Ia mengatakan, bantuan yang diberikan dalam bakti sosial berupa 500 masker gratis. Kemudian 20 kaos untuk petugas yang rutin melakukan penyemprot disinfektan. “Kita juga memberikan bantuan berupa tempat cuci tangan,” ucapnya.

Dikatakan Catur, kegiatan yang dilakukan BRI sejalan dengan program pemerintah untuk mencegah COVID-19. Apalagi, saat ini sedang memasuki fase transisi new normal.

“Saat ini, kita tidak lagi bisa berdiam diri di rumah. Kita harus beraktivitas. Tapi, harus tetap menjalankan protokol kesehatan agar tetap aman.” katanya.

Oleh karena itu, Bank BRI memberikan masker gratis. Ini merupakan protokol yang harus dijalankan ketika beraktivitas. “Diharapkan semua masyarakat bisa menggunakan masker. Kita juga menyediakan tempat cuci tangan karena bisa mencegah COVID-19,” harapnya.

Catur berpesan agar bantuan tempat cuci tangan bisa dirawat dengan baik. “Jadi, tidak hanya dijaga oleh pengelola pasar atau Disperindagkop dan UKM. Tapi oleh kita semua. Termasuk para pedagang dan pelaku UMKM. Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu,” harapnya lagi.

 

Apresiasi Pemerintah

Kadisperindagkop UKM Sintang, Sudirman berterima kasih dan mengapresiasi BRI Sintang yang sudah memberikan bantuan untuk masyarakat di kawasan Pasar Masuka.

“Saya mewakili Pak Bupati sekaligus para pedagang, berterima kasih pada BRI Sintang. Ini sejalan dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Sintang. Dengan keterbatasan anggaran, bantuan seperti ini sangat membantu masyarakat kita agar bebas dari COVID-19,” katanya.

Ia juga berpesan pada para pedagang agar mengikuti protokol kesehatan ketika beraktivitas. Diantaranya menggunakan masker, rajin mencuci tangan serta menjaga jarak. Apalagi saat ini Kabupaten Sintang sedang dalam fase transisi new normal. “Silakan tetap berjualan, tapi patuhilah protokol kesehatan,” imbaunya.

Nantinya, kata Sudirman, Pasar Tumpah di Kawasan Pasar Masuka akan diatur sedemikian rupa agar menerapkan protokol kesehatan. “Jaraknya akan kita atur. Ini penting dalam rangka pencegahan COVID-19,” kata Sudirman.

Lurah Kapuas Kanan Hilir, Samsul Arifin juga berterima kasih pada BRI Sintang karena sudah membantu masyarakat di kawasan pasar. “Kami berharap, semakin banyak bantuan yang diberikan untuk para pedagang,” ucapnya.