Ribuan Muslim Sintang Sholat Idul Adha di Lapangan Kodim

oleh
Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Lapangan Kodim yang diikuti ribuan masyarakat Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Ribuan umat Muslim Kabupaten Sintang mengikuti sholat Idul Adha di lapangan Kodim, Jumat (31/7).

Sholat Idul Adha di lapangan terbuka tersebut digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang. Tampak para jamaah mulai dari orang tua, ibu-ibu, remaja dan anak-anak mengikuti sholat yang berlangsung saat cuaca cerah pagi itu.

Mengingat Sholat Idul Adha berlangsung saat pandemi COVID-19, PHBI Sintang memberlakukan protokol kesehatan. Para jamaah sholat diminta mengenakan masker dan menjaga jarak. PHBI juga menyiapkan tempat cuci tangan.

Sholat Idul Adha di lapangan Kodim juga diikuti oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno. Dikesempatan itu, Jarot mengucapkan selamat merayakan Idul Adha 1441 Hijriah untuk semua umat Muslim di Kabupaten Sintang.

“Hari ini, kita diberikan nikmat iman, islam dan kesehatan. Meski di tengah pandemi COVID-19, kita bisa melaksanakan sholat Idul Adha di lapangan terbuka ini,” kata Jarot.

Dikatakan Jarot, perayaan Idul Adha memiliki empat hikmah yang tertuang di dalamnya. Pertama, dengan melaksanakan kurban, kita mensyukuri nikmat dari Allah SWT.

Kedua, kita meneladani kesabaran keihlasan dan ketaatan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Ketiga, merupakan wujud dari ketakwaan pada Allah SWT.

Keempat, Hari Raya Kurban menggugah semangat kita untuk peduli dengan sesama yang dalam kesulitan dan tertimpa bencana. Termasuk dampak corona dan bencana banjir.

“Kita patut berbangga, Pak Gubernur memberikan perhatian bagi daerah yang dilanda banjir dengan memberikan bantuan 3 ekor sapi kurban. Masing-masing disalurkan ke Kecamatan Serawai, Kecamatan Kayan Hulu dan Kecamatan Kayan Hulu.

Jarot juga mengingatkan, meski pemerintah Kabupaten Sintang sudah mengeluarkan edaran yang membolehkan kaum Muslimin menggelar sholat di masjid maupun surau, Kejadian Luar Biasa (COVID-19) belum berakhir.

“Tiap hari kita mendapat info penambahan 1.000-2.000 kasus baru di negara kita. Alhamdulilah di Kabupaten Sintang 30 kasus COVID-19 sudah sembuh. Kondisi ini jangan sampai mengendorkan kewaspadaan kita untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuh dan menerapkan protokol kesehatan,” imbaunya.