2 Paslon Pilkada Sintang Mendaftar ke KPU Sintang di Hari Pertama

oleh
Bakal Calon Bupati Yohanes Rumpak ketika mengisi daftar hadir sebelum mendaftar di KPU Sintang. (Foto Atas). Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati, Askiman-Hatta usai mendaftar di KPU Sintang. (Foto Bawah)

BERITA-AKTUAL.COM – Dua pasangan calon (paslon) yang akan berlaga di Pilkada Sintang 9 Desember 2020, mendaftarkan diri ke KPU Sintang pada hari pertama pendaftaran, Jumat (4/9).

Paslon yang pertama mendaftar adalah Askiman-Hatta. Koalisi Kita Sehati yang diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Hanura ini, tiba di KPU Sintang sekitar pukul 09.00 WIB.

Setelah itu, sekitar pukul 13.30 pasangan Yohanes Rumpak-Syarifuudin juga mendaftar ke KPU Sintang. Sebelumnya, pasangan Mandau Mengkilat dengan koalisi Sintang Baru melakukan deklerasi di Gedung Pancasila pada Jumat pagi.

Pasangan Yohanes Rumpak-Syarifuddin diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PAN, Partai Perindo dan didukung oleh Partai Gelora.

Pendaftaran kedua paslon ke KPU Sintang didampingi oleh partai koalisi parpol dan simpatisan. Sebelum masuk ke kantor KPU Sintang, semuanya orang harus mengikuti protokol pecegahan COVID-19. Diantaranya pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dan memakai masker. Selain itu, jarak antar kursi juga diberi jarak oleh KPU Sintang. Dan jumlah orang yang masuk juga dibatasi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Lasarus menginginkan proses pergantian kepemimpinan di Kabupaten Sintang harus bisa mendudukan masyarakat berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. “Saat ini kita bicara bagaimana mencari pemimpin bagi masyarakat Sintang. Supaya di Sintang lebih baik,” ucapnya.

Lasarus menambahkan dirinya hadir di KPU Sintang untuk memastikan semua proses berjalan baik, aman dan lancar serta sesuai aturan yang berlaku. “Saya juga ingin memastikan seluruh rekomendasi disampaikan ke KPU. Tadi sudah dicek, semua sudah daftar dan tanda tangan,” ucapnya.

Sementara itu, bakal calon Bupati Sintang, Askiman mengungkapkan pihaknya sudah berupaya untuk melengkapi sejumlah berkas yang diminta oleh KPU untuk bisa turut serta dalam pesta demokrasi.

“Semua persyaratan sudah dilengkapi. Kami minta KPU Kabupaten Sintang untuk terus mengupdate dan mengkoordinasikan mengenai tahapan-tahapan Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang.

Askiman menyampaikan koalisi KITA Sehati (Sejahtera, Harmonis dan Inovatif) bertujuan untuk membangun Kabupaten Sintang menjadi lebih baik lagi. “Jargon KITA Menang yaitu Askiman-Hatta Membangun Sintang akan berupaya membuat Kabupaten Sintang menjadi lebih baik di masa mendatang,” ucapnya.