Banjir Besar di Melawi, Ulangan Kejadian Tahun 2008

oleh
Banjir yang terjadi di Nanga Pinoh menggenangi jalan-jalan protokol. Bahkan area sekitar Tugu Juang sudah terendam banjir,

BERITA-AKTUAL.COM – Banjir besar yang terjadi di Nanga Pinoh Kabupaten Melawi kini sudah menggenangi jalan-jalan protokol hingga Tugu Juang. Banjir yang terjadi kali ini, bisa dikatakan sebagai ulangan kejadian serupa tahun 2008 silam.

Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi mengungkapkan, tepat pukul 10.00 WIB banjir sudah memutus akses jalan. Terutama jalan provinsi yang tidak lagi bisa dilewati.

”Yang mau ke Melawi maupun ingin keluar, ada enam titik jalan yang berada sebagai penghubungan utama. Semua akses tersebut sudah terputus, tidak bisa dilewati kendaraan apapun,” kata Kapolres, Senin (14/9).

Oleh karena itu, ia meminta kepada masyarakat yang beraktivitas agar selalu berhati-hati. Karena dibeberapa titik, ada jembatan yang sudah terputus. “Ada yang kedalamanya hingga 2 meter. Paling tinggi 2,5 meter,” bebernya.

“Mohon kepada masyarakat, teman-teman, saudara maupun rekan saya untuk tetap menjaga kesehatan. Mari saling bahu membahu bergandengan tangan untuk membantu masyarakat. Kami ada, kami hadir untuk masyarakat. Semoga kita selalu diberikan perlingan dan kesehatan,” ucapnya.

Ali Ansori, warga Nanga Pinoh mengungkapkan, banjir di Melawi sudah sampai kemana-mana. Akses transportasi dari dan menuju ke Melawi sementara ini lumpuh. Pasalnya sejumlah titik jalan protokol sudah terendam banjir.

“Di kawasan pasar Jalan Garuda ruko sudah terendam banjir. Para pedagang kaki lima sebagian besar sudah berjualan di tepian jalan protokol. Sebab air sudah sampai ke kawasan Tugu Juang,” bebernya.