Banjir di Putussibau Kian Meluas, Listrik Dipadamkan Sejak Minggu Malam

oleh
Banjir besar di Putussibau membuat akses jalan dan rumah warga banyak yang terendam.

BERITA-AKTUAL.COM – Tak hanya Kabupaten Melawi, Kalbar, yang terkena musibah banjir. Kabupaten paling timur di Kalbar yakni Kapuas Hulu, juga mengalami hal serupa.

Banjir tersebut bahkan sudah melumpuhkan akses jalan dalam kota maupun antar kabupaten.Listrik juga sudah dipadamkan sejak Minggu malam hingga Senin siang ini (14/9). Hal itu dikarenakan PLTD tergenang air.

Ketua Tagana Kapuas Hulu, M Hatta mengungkapkan bahwa hingga Minggu malam air terus naik. Jalan-jalan protokol di Kota Putussibau terendam cukup dalam.

“Kalau di kota, banjir terjadi di daerah Putussibau utara seperti Dogom, Prajurit, KS Tubun, Pantai Sibau, Sawai dan pasar pagi. Di Putussibau selatan, daerah seperti Teluk Barak, Kampung Jati, Kedamin Hulu, semuanya terendam. Kedalamannya variasi, dari 70 cm, 1 meter hingga 2 meter. Banjir parah dialami oleh kampung-kampung di pesisir Sungai Kapuas,” bebernya.

Ia kemudian menyebutkan kecamatan yang terdampak banjir. Diantaranya: Kecamatan  Putussibau Utara, Kecamatan Putussibau Selatan, Kecamatan Kalis, Kecamatan Bika, Kecamatan Bunut Hulu dan Kecamatan Embaloh Hilir.

Andi, salah satu driver taxi mengungkapkan, banjir yang terjadi di Kapuas Hulu membuat akses jalan dari Nanga Kalis-Putussibau terputus. Akibatnya, banyak taxi yang harus mengantri untuk melewati jalan yang tergenang banjir.

“Saya sendiri ngantri hingga satu jam. Akhirnya, mobil saya tinggal di Kalis. Saya naik mobil lain ke Putussibau,” bebernya.

Karena jalan tersebut tergenang banjir cukup dalam, yang ingin melintas bisa menggunakan jasa penyebarangan. “Kalau naik mobil sih masih bisa lewat. Asal berani jak. Kalau motor ndak bisa sama sekali,” pungkasnya.