Nongkrong di Warkop Tanpa Masker, 102 Warga Sintang Langsung Jalani Rapid Test

oleh
Razia masker di cafe dan warkop yang dilakukan tim gabungan.

BERITA-AKTUAL.COM – Sebanyak 102 pengunjung cafe dan warkop di Kota Sintang, terjaring razia petugas karena tidak menggunakan masker, Rabu malam (30/9).

102 orang pengunjung tersebut langsung dirapid test malam itu juga. Hasilnya, dua orang dinyatakan reaktif. Selanjutnya, dua orang yang reaktif tersebut diswab menggunakan Mobile Combat PCR.

Kegiatan itu merupakan bagian dari penegakan protokol kesehatan dalam rangka Operasi Kontijensi Aman Nusa II Pencegahan Penyebaran Covid 19 Tahun 2020.

Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan 85 orang personil dari berbagai lini pada satuan gugus tugas dengan dipimpin Wakapolres Sintang, Kompol Alber Manurung.

Hadir pula Kadis Kesehatan Sintang, dr. Harysinto Linoh; Kepala BPBD Sintang, Bernard Saragih; Kasat Sabhara Polres Sintang, AKP Kamto; personil Polres Sintang, personil Kodim 1205/Sintang, personil BPBD Sintang, personil, Dinas Kesehatan Sintang, personil Pol-PP Sintang dan sejumah personil Komunitas HVC Sintang.

“Dalam operasi ini, kami menekankan pada para petugas agar mengedepankan sikap humanis terhadap para pelanggar protokol kesehatan. Dalam prosesnya masyarakat diberikan edukasi dan himbauan mengenai pencegahan corona,” kata Wakapolres Sintang.

Selain itu, Wakapolres menekankan kepada para petugas yang melaksanakan operasi yustisi agar menggunakan alat pelindung diri. “Ini dilakukan untuk mengantisipasi interaksi dengan warga yang positif atau negatif ketika melaksanakan tugas di lapangan,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sintang, dr. Harysinto Linoh mengungkapkan bahwa dari 102 terjaring, 100 orang non reaktif , 2 orang reaktif.

“Nah 2 orang reaktif ini yang diswab. Hasilnya masih dalam proses,” ucapnya.