241 Polisi Melawi Jalani Swab, Sampel Dikirim ke Sintang dan Pontianak

oleh
Jajaran Polres Melawi kembali mengikuti swab paska ditemukanya 10 kasus COVID-19 di Polres Melawi.

BERITA-AKTUAL.COM – Dinas Kesehatan Melawi kembali melakukan swab terhadap anggota Polres Melawi, Kamis (8/10). Swab yang kedua kalinya ini dilakukan terhadap 241 personil.

“Anggota yang diswab berasal dari Polres Melawi dan Polsek jajaran,” kata Paur Subbag Humas Polres Melawi, Bripka Arbain.

Sebelumnya, swab terhadap anggota Polres Melawi sudah dilaksanakan Selasa lalu (6/10). Saat itu, swab diikuti 86 personel. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari swab massal setelah ditemukanya 10 kasus konfirmasi COVID-19 di Polres Melawi.

“Nantinya, hasil swab akan dikirim ke Pontianak dan Sintang. Selain itu, ada juga beberapa personel Polres Melawi yang melakukan swab langsung ke Sintang menggunakan Mobile Combat PCR,” kata Arbain.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh membenarkan bahwa pihaknya sudah menerima sampel swab dari Kabupaten Melawi. “Jumlah sampel yang dikirim sampai hari ini diatas 100,” bebernya.

Namun karena keterbatasan yang ada, kata Sinto, pihaknya meminta tempo satu hari untuk mengetahui sampel swab yang dikirim. “Jadi, sampel yang dikirim hari ini, besok baru keluar hasilnya. Atau paling lambat lusa,” kata Sinto.

Selain dari Kabupaten Melawi, Dinkes Sintang juga menerima sampel swab dari Kabupaten Sekadau.

“Kita sedang mempersiapkan MoU untuk Kabupaten Melawi dan Sekadau terkait masalah ini. Mereka mengirim sampel pemeriksaan ke Sintang, lalu kita bantu. Take and give-nya, kita meminta Kabupaten Melawi dan Sekadau untuk membeli bahan bakunya saja berupa reagen kit,” ucapnya.