Sumpah Pemuda, Dewan Serukan Persatuan Melawan Pandemi COVID-19

oleh
Kusnadi, Anggota DPRD Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Kusnadi mengatakan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2020 hendaknya jadi momentum bersama untuk bersatu melawan pandemi COVID-19.

Salah satu bentuk persatuan melawan pandemi COVID-19, kata Kusnadi, adalah dengan tidak memberi stigma. Karena, tidak ada satu orangpun di dunia ini yang mau atau ingin terkena virus tersebut.

“Contoh, ketika ada seseorang yang terkonfirmasi COVID-19, kita harus memberikan support agar yang bersangkutan tetap kuat. Kalau perlu, kita ikut membantu memenuhi kebutuhan makanan bergizi selama yang bersangkutan menjalani isolasi. Agar, dia merasa tidak sendiri dan selalu didukung. Jika sudah sembuh, kita juga harus merangkulnya kembali seperti biasa,” ucapnya.

Sikap yang demikian, kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, akan sangat membantu pasien COVID-19 menjadi lebih kuat. Jika itu diterapkan oleh semua masyarakat kita. Maka kita sudah ikut berperan melawan pandemi COVID-19. Dan yang paling penting, pasien COVID-19 yang dimaksud tidak merasa penyakit yang dialaminya merupakan hal memalukan.

“Sikap itu harus kita mulai dari diri kita sendiri. Kalau tidak bisa berperan seperti tenaga medis di garda depan, setidaknya kita tidak memberi stigma. Karena, stigma pasti akan berdampak pada psikologis. Dan pastinya akan membuat down,” nilai dia.

Dikatakan pria ramah ini, bentuk lain persatuan melawan COVID-19 adalah mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Yakni dengan melaksanakan 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) serta menghindari kerumunan. Upayakan tidak keluar rumah jika tidak betul-betul penting.

“Melaksanakan protokol kesehatan 3M ini tidak sulit. Jadikanlah itu kebiasaan selama pandemi ini. Kita tetap harus waspada COVID-19, tapi jangan sampai terkesan paranoid. Bersikaplah sewajarnya dengan selalu mematuhi protokol kesehatan,” imbau politisi Dapil Sepauk-Tempunak ini.