Pengunjung Warkop di Sintang asal Pontianak Positif COVID-19, Ini Tindakan Satgas

oleh
Satgas COVID-19 Kabupaten Sintang ketika menggelar razia masker di warkop.

BERITA-AKTUAL.COM – Warga Pontianak yang terjaring razia di warung kopi (wakop) Kota Sintang pada Sabtu malam 7 November 2020 lalu, dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil swab Dinas Kesehatan Sintang.

Sebelumnya saat razia oleh Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sintang, yang bersangkutan dinyatakan reaktif rapid test bersama 8 orang lainnya. Dari 8 orang tersebut, 5 dari Sintang, 3 dari Pontianak.

“Pada saat itu, seluruh pengunjung warkop sekitar 250 orang dilakukan rapid test. 8 orang yang hasil rapid testnya reaktif, dilakukan pemeriksaan swab pada hari Senin. Hasilnya, 1 orang terkonfirmasi positif COVID-19,” kata dr. Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Sintang ketika dihubungi, Selasa (10/11).

Sinto mengatakan, pengunjung yang dinyatakan positif COVID-19 warga dari kabupaten lain. Sehingga dilakukan isolasi dan penanganan di kabupaten asal.

“Yang bersangkutan setelah swab langsung pulang ke kabupaten asal menggunakan motor. Dan sudah kami informasikan ke Dinkes terkait untuk dilacak dan ditangani,” katanya.

Ketika ditanya apa tindakan terhadap warkop yang ditemukan pengunjung positif COVID-19, Sinto menyebut hal itu akan dibahas di bidang penindakan dan penegakan hukum Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sintang.

Sementara itu, Koordinator Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sintang, Martin Nandung mengatakan, dirinya sudah memerintahkan anggota untuk berkoordinasi dengan Polres dan BPBD terkait adanya pengunjung yang positif COVID-19 disalah satu warkop Kota Sintang.

“Tadi saya sudah perintahkan anggota untuk koordinasi dengan Polres dan BPBD untuk menutup sementara mulai nanti mlm. Nanti dimonitor jak,” pungkasnya.