Fraksi Hanura DPRD Sintang Ungkap Banyak Jalan Rusak Berat

oleh
Nekodemus saat menyampaikan pandangan umum Fraksi Hanura.

BERITA-AKTUAL.COM – Fraksi Hanura DPRD Sintang menyampaikan bahwa masyarakat Kabupaten Sintang terutama yang berada di kecamatan dan pedesaan, mengeluhkan rusaknya infratsruktur jalan dan jembatan yang nyaris melumpuhkan ekonomi masyarakat.

“Banyak jalan desa dan kebupaten yang tidak bisa dilewati dengan kendaraan roda empat. Jangankan mobil Avanza, mobil double gardan pun tidak bisa lewat,” kata Nekodimus, Juru Bicara Fraksi Hanura saat rapat paripurna di DPRD Sintang.

Adapun jalan-jalan yang mengalami kerusakan berat antara lain: Pertama, ruas jalan desa Telaga 2 menuju Desa Telaga 1, Kecamatan Binjai Hulu. Ada titik kurang lebih 500 meter rusak berat dan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Bahkan, zonder pun amblas. “Mohon kiranya dapat dilakukan peningkatan pekerjaan jalan tersebut,” pintanya.

Kedua, ruas jalan Telaga 2 menuju Desa Mensiap Baru Kecamatan Tempunak, menuju Sekayung, Desa Teluk Kelansam Kecamatan Sintang. “Ruas ini juga rusak berat dan tidak bisa dilewati lagi oleh kendaraan roda empat selama kurang lebih enam bulan. Ekonomi masyarakat betul-betul lumpuh. Lalu ruas jalan Buluh Kuning Desa Bedayan, Desa Nanga Libau, Desa Sekubang Kecamatan Sepauk, juga mengalami rusak berat,” bebernya.

Ketiga, ruas jalan Begandong Desa Merti Jaya menuju Desa Pekulai Bersatu ke Desa Benua Kencana, Desa Riam Batu Kecamatan Tempunak, juga mengalami rusak berat. Jalan Temiang Kapuas Desa Sungai Raya menuju Desa Tanjung Ria Kecamatan Sepauk juga mengalami rusak berat dan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat lagi.

Lalu, ruas jalan Lengkenat Sepauk termasuk beberapa jembatan di ruas tersebut juga mengalami rusak berat. “Terhadap semua ruas jalan yang rusak parah, mohon kiranya dapat ditangani melalui APBD tahun 2021. Baik melalui melalui Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Insentif Daerah,” harapnya.