Ini Program Yohanes Rumpak-Syarifuddin untuk Tingkatkan IPM

oleh
Pasangan Cabup dan Cawabup Sintang nomor urut 3, Yohanes Rumpak-Syarifuddin.

BERITA-AKTUAL.COM – Dalam debat publik Pilkada Sintang tahun 2020 di Gedung Pancasila, Senin malam (1/12), pasangan Yohanes Rumpak-Syarifuddin menjelaskan upaya yang akan dilakukan untuk meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) jika terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sintang. Yakni dengan meningkatkan pelayanan pendidikan.

“Yang terpenting adalah memberikan beasiswa pada siswa tidak mampu tapi berprestasi. Kemudian menyediakan asrama. Contoh, di Sungai Kura butuh asrama karena banyak siswa dari Riam Batu bersekolah ke situ. Kemudian di Senaning kota perlu asrama. Saya tahu banyak pondok-pondok siswa di situ tapi tidak diurus. Dan ada banyak sekolah tapi tidak layak,” jelas Yohanes Rumpak ketika menjawab pertanyaan saat debat publik.

Yang lain adalah peningkatan kualitas dan kesejahteraan tenaga pendidik. Yohanes Rumpak mengungakpkan, pihaknya masih menemukan ada guru honor digaji Rp 200 ribu rupiah.

“Ini artinya tidak tertata dengan baik para tenaga pendidik. Apabila tenaga pendidik tidak sejahtera akan sangat susah meningkatkan kualitas pendidikan siswa kita. Ini menjadi tantangan besar bagi kita semua,” kata Yohanes.

Syarifudin menambahkan, untuk meningkatkan IPM perlu meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. Contohnya penambahan lokal, penambahan guru, serta mendidik dan melatih guru agar semakin berkualitas dalam memberikan pendidikan dan pengajaran pada siswa didik.

“Selain itu, kita akan mengawasi melalui pengawas-pengawas yang sudah ditugaskan Dinas Pendidikan,” kata Syarifuddin.

Sementara itu, dalam program kerja Yohanes Rumpak-Syarifuddin salah satunya adalah meningkatkan pelayanan pendidikan. Yakni memberikan beasiswa dan pembangunan asrama, peningkatan kualitas dan kesejahteraan tenaga pendidik. “Tidak ada lagi guru digaji dibawah Rp 1 juta per bulan. Pengadaan akses internet untuk lembaga pendidikan,” kata Yohanes Rumpak.