Jawaban Askiman-Hatta soal Politik Identitas dan Memperkuat Semangat Kebangsaan

oleh
Pasangan Calon Bupati Sintang dan Wakil Bupati Sintang nomor urut 2, Askiman-Hatta.

BERITA-AKTUAL.COM – Pasangan Calon Bupati Sintang dan Wakil Bupati Sintang nomor urut 2, Askiman-Hatta menjawab pertanyaan mengenai upaya yang akan dilakukan untuk memperkuat semangat kebangsaan dan meminimalisir politik identitas.

“Yang berkaitan dengan politik identitas harus kita hapuskan. Kita dapat melihat bahwa peran politik partai yang memiliki suatu identitas agama atau suku tertentu, tidak bisa mengembangkan dirinya dengan besar,” kata Askiman.

Dengan demikian, kata Askiman, upaya menciptakan susana yang lebih nasionalis adalah dengan melakukan pembinaan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Dengan demikian, ketebalan iman seseorang tidak mempersoalkan agama yang lain dan tidak membawanya ke ranah politik,” ucapnya.

Berkaitan dengan dengan persoalan suku. Menuurut Askiman, itu hanya persoalan identitas diri kita. Dan ketika itu kita kumandangkan, maka suku-suku bangsa lain tidak memberikan sebuah kekuatan pada kita.

“Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan pembinaan hubungan sosial kemasyarakatan. Pembinaan seni budaya perlu kita tingkatkan. Penegakan penghargaan pengakuan terhadap hak-hak adat, identitas adat dan hukum adat perlu ditingkatkan dalam rangka Sintang yang lebih harmonis, lebih baik dan lebih terpercaya. Dengan demikian, semua merasa aman, damai, sejahtera dan makmur,” tegas Askiman.