Upaya Jarot-Sudiyanto Tingkatkan Zona Integritas Instansi yang Rendah

oleh
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sintang nomor urut 1, Jarot-Winarno-Sudiyanto.

BERITA-AKTUAL.COM – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sintang nomor urut 1, Jarot-Winarno-Sudiyanto menegaskan komitmennya untuk meningkatkan zona integritas instansi yang masih rendah serta terus meningkatkan pelayanan publik.

Penegaskan itu disampaikan Jarot menjawab pertanyaan saat Debat Publik Pilkada Sintang. Yakni terkait upaya upaya yang akan dilakukan agar predikat kepatuhan yang tinggi dalam pelayanan publik, tapi tetap diiringi zona integritas yang tinggi diseluruh lingkungan perangkat daerah.

Mengingat, berdasarkan hasil penilian Ombudsan Perwakilan Provinsi Kalbar tahun 2019 tentang kepatuhan pemerintah daerah terhadap standar pelayanan publik, Kabupaten Sintang memperoleh nilai 82,03. Atau berada pada predikat kepatuhan tinggi (zona hijau).

Namun, menurut Laporan Kinerja Intansi Pemerintah atau LAKIP pada tahun 2019, ternyata masih ada sebagian instansi yang masih rendah penilaian zona integritasnya.

“Terima kasih atas penilayan pelayanan publik oleh lembaga penilai pelayanan publik Ombudsman. Pada dasarnya, pelayanan publik adalah amanah Undang Undang Nomor 25 tahun 2009,” tegas Jarot.

Jarot kemudian menjelaskan pencapaian Sintang. Setahun sebelumnya, Sintang hanya mendapat nilai 42, Kemudian tahun 2019, Sintang adalah tiga kabupaten terbaik untuk penilaian pelayanan publik di Kalimantan Barat.

“Tentu ini kerja kita semua. Namun, memang ada beberapa kantor yang zona integritasnya masih rendah. Makanya dalam prime mover ke enam, tetap kita lanjutkan penatalaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik melalui reformasi birokrasi,” tegas Jarot.