4.760 Vial Vaksin Sinovac Tiba di Sintang

oleh
Sebanyak 4.760 vial vaksin Sinovac untuk Kabupaten Sintang tiba di Bandara Tebelian, Selanjutnya. vaksin dibawa ke Gudang Farmasi Dinkes Sintang.

 

BERITA-AKTUAL.COM – Sebanyak 4.760 vial vaksin Sinovac untuk Kabupaten Sintang tiba di Bandara Tebelian, Rabu 27 Januari 2021.

Vaksin Sinovac tersebut tiba menggunakan pesawat Nam Air sekitar pukul 14.00. Kemudian langsung dibawa ke Dinas Kesehatan dengan pengawalan TNI Polri.

Kepala Dinas Kesehatan Sintang, dr. Harysinto Linoh mengatakan vaksin dikirim dari provinsi menggunakan pesawat. Berangkat dari Pontianak pukul 12.30.

“Jumlah vaksin yang kita terima sebanyak 3 koli. Jumlahnya 4.760 vial. Vaksin ini akan digunakan seluruh tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Sintang. Saat ini, nakes yang sudah terdaftar 2.370. Itu untuk penyuntikan pertama dan kedua,” beber Sinto.

Ia mengatakan, vaksin akan dibawa ke kantor Dinas Kesehatan dan disimpan di gudang farmasi kabupaten dengan pengawalan ketat 24 jam.

“Kalau tidak ada halangan, pencanangan vaksinansi dilaksanakan 2 Februari 2021. Setelah itu, kita mulai droping vaksin ke Puskesmas. Jadi, teman-teman Puskesmas sudah sudah diminta menyiapkan tempat penyimpanan vaksin maupun penjemputan. Nakes juga harus sudah siap divaksin,” katanya

Sinto kemudian mengimbau semua nakes yang memenuhi syarat agar mengikuti vaksinasi. “Ndak perlu takut divaksin. Nanti, saya juga ikut divaksin,” katanya.

Saat vaksinasi tanggal 2 Februari 2021 mendatang, kata Sinto, beberapa pejabat publik di Kabupaten Sintang sudah menyatakan kesediannya.

“Diantaranya Bu Sekda Sintang, Kapolres Sintang, Dandim Sintang, Kajari Sintang, Ketua Pengadilan Negari Sintang dan Ketua DPRD Sintang. Meski mereka menyatakan bersedia divaksin, namun saat proses vaksinasi ada pemeriksaan lebih dulu. Mudah-mudahan semuanya memenuhi syarat,” harap Sinto.