Kebakaran Hanguskan Belasan Ruko di Komplek Pasar Inpres Sintang

oleh
Kebakaran hebat menghanguskan belasan ruko di Jalan Partisipasi Komplek Pasar Inpres, Kabupaten Sintang, Sabtu sekitar pukul 1.50 WIB.

BERITA-AKTUAL.COM  – Kebakaran hebat menghanguskan belasan ruko di Jalan Partisipasi Komplek Pasar Inpres, Kabupaten Sintang, Sabtu sekitar pukul 1.50 WIB.

Ruko yang terbakar tersebut sebagian besar merupakan tempat usaha masyarakat. Mulai dari toko kelontong, apotek, warung kopi, rumah makan, toko bangunan, toko pakaian dan usaha-usaha lainnya. Sebelumnya, musibah serupa terjadi dekat bangunan tersebut belum lama ini.

Kabid Damkar Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Sintang, Yudius mengungkapkan, informasi kebekaran pertama kali dilaporkan oleh pedagang kali lima (PKL) atas nama Gunawan.

“Setelah menerima laporan, petugas piket Pos Seroja disusul  piket jaga Sungai Durian langsung menuju lokasi kebakaran. Ada 7 armada water canon yang diturunkan dibantu 3 unit damkar Yayasan Busera,” jelasnya.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, Agus Ente menambahkan, tim pemadam kebakaran tiba di lokasi kebekaran sekitar pukul 02.00 WIB dan langsung memadamkan api.

“Yang kita lakukan adalah langsung melakukan pemblokiran api agar tidak merembet ke Rumah Sakit Ade M Djoen dan Kantor Cabang BRI Sintang. Karena lokasi kebakaran berdekatan dengan tempat kebakaran,” ucapnya.

Dikatakannya, jumlah ruko yang terbakar sekitar 16 pintu. Untuk penyebab kebakaran belum diketahui. “Kami belum berani memastikan penyebab kebakaran. Yang jelas, korban tidak ada,” ungkapnya.

Agus mengimbau agar masyarakat selalu memperhatikan jaringan listrik yang ada di rumah masing-masing. “Kalau jaringan listrik di rumah sudah tua, tolong intalasinya diperbaiki. Kalau meninggalkan rumah, semua perangkat elektronik hendaknya dicabut. Selain itu, gas juga harus dipastikan aman ketika keluar rumah,” imbaunya.