Bikin Podcast di YouTube, Dandim Sintang: Orientasinya Kebermanfaatan

oleh
Dandim 1205 Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan bersama Kepala Dinas Kesehatan dr.Harysinto Linoh saat berbincang di Humaniora Podcast-Kodim 1205 Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Berkembangnya tren podcast di YouTube akhir-akhir, juga dimanfaatkan Dandim Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan. Lewat flatform kekinian ini, selain membuat konten, Dandim Sintang sekaligus melakukan komunikasi sosial dengan masyarakat.

Ide membuat podcast, berawal dari dibangunnya studio musik di Kodim Sintang agar personil memiliki salah satu sarana rekreasi demi mendukung kinerja organisasi. Tak ingin studio hanya dimanfaatkan untuk proses kreatif dibidang musik semata. Dibuatkan studio podcast lengkap dengan sarana pendukungnya.

Konten tersebut kini sudah bisa dinikmati di kanal YouTube Humaniora Podcast-Kodim 1205 Sintang. Sudah dua orang yang diundang dalam podcast tersebut yakni Frista Wibawa dan dr. Harysinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Sintang. Keduanya membahas masalah vaksin yang sedang menghangat saat ini.

“Podcast ini selaras dengan program pembinaan teritorial. Dimana, saya bisa berkomunikasi sosial secara kreatif dalam bentuk podcast ini. Ini sangat kekinian ya. Seperti kita tahu, podcast yang terkenal di YouTube adalah Deddy Corbuzier. Saya mengikutinya karena sangat kekininaan dan konten audio visual mudah diterima masyarakat,” kata Dandim Sintang, Senin 8 Februari 2021.

Yang lebih utama dari itu semua, sambung Dandim Sintang, dirinya menggagas sesuatu termasuk podcast, tujuannya berorientasi pada kebermanfaatan.

“Jadi bukan tentang pangkat, jabatan, maupun status sosial. Namun besaran kebermanfaatan eksistensi diri kita bagi semesta. Sebesar apapun yang kita perbuat, yang penting memberikan manfaat pada orang banyak. Baik itu pada anggota saya atau untuk masyarakat Sintang,” tegasnya.

Dandim menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya membuat konten yang konsisten kemudian diuppload ke YouTube. “Kami juga konsisten pada prinsip kebermanfatan. Bukan ketenaran, popularitas atau keuntungan finansial. Tenar dan keuntungan finansial saya fikir hanya sebuah konsekekuensi dari sebuah eksistensi yang tidak dapat kami antisipasi,” ucapnya.

Meski konten yang diuppload belum begitu banyak, Dandim Sintang merasakan betul kebermanfaatan podcast yang sudah tayang di YouTube.

“Buktinya, hari ini saya mendapatkan sebuah pendapat dari penonton yang menyaksikan podcast saya dengan Kepala Dinas Kesehatan Sintang. Podcast tersebut membahas tentang pandemi, vaksin dan sebagainya. Umpan balik dari masyarakat yang saya dapatkan, ternyata setelah menyaksikan podcast kami, dia mengaku tidak lagi takut divaksin. Alhamdulillah, sasaran utama kami dari membuat podcast ini yakni kebermanfaatan sudah tercapai,” ucapnya.

Rencananya, Humaniora Studio Kodim Sintang akan diresmikan oleh Bupati Sintang Jarot Winarno, Selasa besok. Studio tersebut memiliki sarana yang lengkap dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.