Jembatan Gantung Sungai Inggar Roboh, Akses 5 Desa Terputus

oleh
Jembatan gantung Sungai Inggar di Kecamatan Kayan Hilir, roboh pada Rabu 17 Februari 2020.

BERITA-AKTUAL.COM – Jembatan gantung Sungai Inggar di Kecamatan Kayan Hilir, roboh pada Rabu 17 Februari 2020 lalu. Akibat kejadian tersebut akses ke lima desa yakni Desa Sungai Buaya, Desa Neran Baya, Desa Batu Netak, Desa Sungai Sintang dan Desa Sungai Garong.

Robohnya jenbatan gantung tersebut disampaikan salah satu akun Facebook Ligorius Limbai. Ia menulis, robohnya jembatan dikarenakan usia jembatan ini sudah lebih dari 10 tahun.

“Robuhnya jembatan ini tepatnya pukul 14.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Sementara bagi masyarakat di lima desa tersebut pusat perekonomian lumpuh total,” tulis Ligorius Limbai.

Untuk jalur alternatif, kata Ligorius Limbai, masyarakat harus memikul motornya menyeberangi Sungai Inggar.

“Syukur-syukur saat ini lagi musim air surut. Jadi masih bisa dipikul. Kami berharap kepada Pemkab Sintang melalui dinas terkait supaya bisa memberi alternatif khusus untuk penyeberangan di Sungai Inggar tersebut. Sehingga pusat perekonomian bisa pulih kembali,” harapnya.

Menyikapi robohnya jembatan Sungai Inggar, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sintang, Yosepha Hasnah mengatakan bahwa dirinya sudah meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum agar menurunkan staf ke Lapangan untuk mengecek kondisi langsung di lapangan.

“Menurut info yang saya terima, tadi siang tim dari Dinas PU sudah turun ke lapangan,” kata Yosepha.