Lasarus Dukung Revisi UU ITE: Lebih Cepat Lebih Baik

oleh
Lasarus, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Kalbar yang juga Ketua Komisi V DPR RI.

BERITA-AKTUAL.COM – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI asal Kalbar, Lasarus merespon positif pernyataan Presiden RI Joko Widodo yang meminta DPR merevisi Undang Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE). Menurut Jokowi, revisi UU ITE tersebut diperlukan untuk menghapus pasal-pasal karet yang multitafsir.

“Saya setuju revisi UU ITE. Lebih capat  revisi lebih baik untuk mengakhiri kegaduhan akibat dari kemungkinan adanya kriminalisasi dari penerapan pasal yang dianggap pasal karet tersebut,” kata Lasarus.

Ketika ditanya pasal karet seperti apa yang harus direvisi? Apakah termasuk juga pasal pencemaran nama baik? Politisi asal Paoh Desa, Kabupaten Sintang ini menyebut bahwa terkait substansi tentu perlu kajian dan pembedahan yang mendalam.

“Intinya pasal yang memungkinkan terjadinya kriminalisasi semua harus diperbaiki,” kata legislator yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi V DPR RI ini.

Rencana revisi UU ITE yang digulirkan Presiden disambut positif oleh banyak kalangan. Mengingat ada beberapa pasal-pasal karet yang kerap dikeluhkan bahkan terkesan mengekang kebebasan berbicara dalam iklim demokrasi saat ini.

Meski setuju adanya revisi UU ITE, namun Presiden Joko Widodo mewanti-wanti agar semangat awal pembentukan Undang Undang yang dimaksud harus tetap dijaga.