Pelajar Tabrak Indomaret, Bupati: Belum Cukup Umur, Jangan Dizinkan Berkendara

oleh
Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Pelajar Tabrak Indomaret, Bupati: Belum Cukup Umur, Jangan Dizinkan Berkendara

BERITA-AKTUAL.COM – Kasus gerai Indomaret ditabrak mobil oleh pelajar berusia 15 tahun hingga menimbulkan korban jiwa, mengundang keprihatinan banyak pihak. Mengingat pengemudi tersebut masih dibawah umur dan belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Merespon kejadian tersebut, Bupati Sintang Jarot Winarno berharap kejadian serupa tidak terulang lagi di Bumi Senentang. “Jangan sampai terulang lagi lah. Soal korban meninggal, saya pikir kita usut saja lah secara hukum,” Jarot ketika ditemui berita-aktual.com, Minggu 14 Maret 2021.

Jarot kemudian menyampaikan tiga hal yang menjadi pemikirannya terkait masalah tersebut. Pertama, pentingnya mematuhi keamanan dalam berkendara.

Kedua, Jarot meminta orang tua lebih aktif mengawasi anaknya dalam menggunakan kendaraan. “Jangan sampai, sebagai orang tua mengizinkan kendaraan yang kita miliki pada anak yang belum boleh mengendarainya. Ini yang harus diperketat,” tegas Jarot.

Ketiga, Jarot mengatakan bahwa keberadaan pemukiman atau tempat usaha dekat jalan raya paling berisiko terjadi kecelakaan. “Oleh karena itu, kita harus lebih menjaga lah keamanan rumah-rumah kita,” katanya.

Imbauan agar orang tua selalu mengawasi anak juga disampaikan Polres Sintang melalui Kasubag Humas, Iptu Hariyanto.

“Selain itu, para para orang tua juga harus memberikan penekanan kepada putra putrinya agar tidak membawa kendaraan jika masih dibawah umur. Jika belum waktunya untuk membawa sepeda motor apalagi mobil, jangan sekali-kali diberikan kesempatan untuk berkendara,” imbaunya.

Karena, kata Hariyanto,  hal ini bukan hanya membahayakan dirinya sendiri, namun juga beresiko pada orang lain. “Kita jangan merasa bangga jika putra putri kita bisa membawa kendaraan saat belum memiliki SIM. Apalagi di jalan raya,” ucapnya.

Sebelumnya pada Sabtu malam 13 Maret 2021 sekitar pukul 20.33 WIB, mobil Toyota Avanza berwarna biru KB 1761 EG yang dikenarai EE pelajar berusia 15 tahun, menabrak Indomaret di Jalan Mensiku Kelurahan Ulak Jaya Kecamatan Sintang.

Kejadian nahas itu terjadi saat pengemudi menyalakan kendaraan, tanpa disadari menginjak pedal gas. Akibatnya, pengunjung Indomaret yakni M (6) tahun meninggal dunia. Dia merupakan warga Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Gang Tembesuk 1,  Kelurahan Tanjung Puri Kecamatan Sintang. Sementara pelaku atau pengemudi warga Desa Empaci Kecamatan Dedai.