Kantor Desa Tanjung Kelansam Terbakar, Semua Berkas Penting Hangus

oleh
Kebakaran kantor Desa Tanjung Kelansam. Semua berkas penting dan banyak barang di kantor desa tidak bisa diselamatkan. (Foto: Dokumen Edi Paryanto)

BERITA-AKTUAL.COM – Kantor Desa Tanjung Kelansam, Kecamatan Sintang, ludes dilahap si jago merah, Rabu malam 18 Maret 2021. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Namun, sebagian besar berkas-berkas penting milik desa tidak bisa diselamatkan.

Pj Kepala Desa Tanjung Kelansam, Edi Paryanto mengungkapkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. “Sebelum kebakaran terjadi, pada pukul 17.30 hingga 20.30, kami sempat menggelar pertemuan. Setengah jam setelah bubar, ada teriakan dari Polindes. Bidan yang bertugas di Polindes itu berteriak kantor desa kebakaran,” ungkap Edi.

Mendengar teriakan itu, masyarakat langsung datang lagi ke kantor desa untuk memadamkan api, termasuk dirinya. “Ada warga yang berusaha mendobrak pintu namun tidak berhasil. Setelah itu api langsung membesar,” katanya.

Diungkapkan Edi, pertemuan di kantor desa dilakukan karena dirinya belum pernah bertemu dengan tokoh masyarakat paska ditugaskan sebagai Pj Kades. Pertemuan itu juga untuk memberitahukan berbagai kegiatan yang akan dilakukan tahun ini. Termasuk kegiatan-kegiatan prioritas. Dirinya juga mengimbau warga dalam rangka Pilkades agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban desa.

Nah, setengah jam setelah bubar kantor desa terbakar. Terakhir yang mengunci pintu Pak Sekdes, itupun kami sama-sama turun dari kantor desa itu,” katanya.

Akibat kebakaran itu, kata Edi, semua berkas penting ludes terbakar. Termasuk juga komputer, genset, wifi, accu dan sebagainya ndak tersisa sama sekali. “Diperkirakan kerugian totalnya sekitar Rp 300 juta. Korban jiwa tidak ada,” katanya.

Edi mengatakan, pada siang ini pihak Pemdes Sintang direncanakan akan datang ke lokasi kebakaran. “Sekarang, saya mau pergi ke Pemdes. Sebelumya laporan disampaikan lisan,” katanya.