RSUD Kebanjiran, Wabup Sintang: Akan Ditangani Instansi Terkait

oleh
Wakil Bupati Sintang Sudiyanto mengecek langsung ke RSUD paska banjir yang menggenangi beberapa ruangan.

BERITA-AKTUAL.COM – Tingginya curah hujan pada Rabu malam hingga Kamis dini hari, membuat sejumlah ruangan RSUD Ade M Djoen di Jalan Oevang Oeray tergenang banjir. Ada dua ruangan RSUD yang tergenang banjir malam itu. Yakni ruangan bedah sentral dan ruang bersalin.

Paska kejadian tersebut, Wakil Bupati Sintang Sudiyanto langsung meninjau lokasi, Kamis siang 18 Maret 2021. Dalam peninjauan tersebut, Wabup Sintang didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Zulkarnain.

Dikesempatan itu, Sudiyanto memastikan permasalahan tersebut  akan ditangani. “Masalah ini akan ditangani oleh kepala dinas teknis. Hari ini mereka mengidentifikasi masalahnya. Makanya, hari ini mereka berada di sini (rumah sakit-red) untuk mengecek secara langsung,” kata Sudiyanto.

Ia mengatakan, banjir yang terjadi tidak terlepas dari posisi rumah sakit yang berada di dataran rendah. Sementara sekitarnya lokasinya lebih tinggi. “Logika sederhana, air mengalir tentu dari tempat tinggi ke rendah. Nah, ini yang jadi permasalahan dan akan diantisipasi,” ucapnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Sintang, Zulkarnain mengatakan pihaknya langsung mengerahkan personil ke RSUD setelah menerima informasi adanya ruangan RSUD tergenang banjir.

“Saya langsung membentuk tim teknis. Saat ini mereka sudah di lapangan mengidentifikasi penyebab banjir tersebut. Itu harus kita lakukan supaya kita bisa mengambil tindakan yang tepat,” terangnya.

Direktur RSUD Ade M Djoen, dr. Rosa Trifina mengungkap penyebab banjir menggenangi sejumlah ruangan di rumah sakit. Hal itu dikarenakan curah hujan tinggi. Sementara drainase yang ada tidak mampu menampungnya. “Drainase sudah ada. Tapi tidak mampu menampung air karena curah hujan tinggi,” kata Rosa.

Dengan adanya kejadian tersebut, Rosa memastikan RSUD Ade M Djoen tidak tinggal diam. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyikapi masalah yang ada. Supaya, titik-titik yang memerlukan pembenahan segara dibenahi sesegera mungkin.