Pengunjung Warkop Positif Corona, Satgas Intensifkan Swab Antigen Pada Masyarakat

oleh
Wabup Sintang, Sudiyanto memberikan arahan pada pengunjung warkop yang terjaring razia prokes di Jalan Lintas Melawi.

BERITA-AKTUAL.COM – Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto mengatakan bahwa satu pengunjung warung kopi di Jalan Lintas Melawi positif COVID-19 berdasarkan swab antigen pada saat razia penegakan prokes, Kamis malam 15 April 2021.

Dengan adanya hasil tersebut, kata Sudiyanto, maka Satgas COVID-19 Kabupaten Sintang akan lebih memperketat,  atau secara intesif melakukan pemeriksaan test swab antigen kepada masyarakat. Sementara untuk pemilik usaha, diberi peringatan dengan cara pendekatan persuasif. Karena Pemkab sendiri ingin tempat usaha tetap berjalan sebagaimana mestinya.

“Tentunya dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan. Seperti jarak meja dan kursi ditentukan. Menyediakan tempat cuci tangan serta patuh terkait jam operasionalnya,” kata Sudiyanto pada wartawan usai razia di warung kopi di Jalan Lintas Melawi, Kecamatan Sintang.

Terkait kemungkinan sanksi berupa penutupan bagi tempat usaha yang dilakukan pada saat razia penegakan prokes ini. Sudiyanto menjelaskan, sepanjang tempat usaha tersebut memenuhi atau mematuhi aturan sesuai Surat Edaran Bupati Sintang terkait jam operasional dan lainnya, maka tidak dilakukan tindakan pentutupan. Kecuali kalau sudah melewati jam operasional.

“Sepanjang dia memenuhi aturan Surat Edaran Bupati Sintang, operasionalnya sampai jam 10 malam. Kalau lewat dari jam tersebut baru kita lakukan tindakan. Sementara yang kita razia warkop malam ini karena ditemukan satu pengunjung positif, maka tempat ini kita sterilisasi dulu,” jelas Sudiyanto.

Sudiyanto menjelaskan, hasil dari razia penegakan prokes tentunya  akan jadi rujukan atau bahan rapat evaluasi untuk mengambil langkah kebijakan apa yang akan dilakukan.

“Hasil ini menjadi bahan refrensi kami untuk rapat bersama. Ini dilakukan untuk mengambil apa saja langkah selanjutkan yang akan kami lakukan. Yang pasti patroli sosialisasi akan jalan terus atau lebih intens. Apakah jam malam, siang atau sore? Kita akan rapat dulu,” pungkas Sudiyanto.