Harapkan Peserta Latsar CPNS Jadi Katalisator Pembangunan Sintang

oleh
Bupati Sintang yang diwakili oleh Yustinus Jukardi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang mengalungkan tanda peserta Latsar CPNS Tahun 2021.

BERITA-AKTUAL.COM – Pemkab Sintang menaruh harapan besar pada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengikuti pelatihan dasar (Latsar) di Aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Rabu 2 Juni 2021. Mereka diharapkan menjadi katalisator dalam progres pembangunan Kabupaten Sintang.

“Para peserta Latsar CPNS inilah yang akan menjadi tunas-tunas baru dalam memberikan nuansa baru dalan budaya organisasi. Dan diharapkan menjadi katalisator dalam progres pembangunan Kabupaten Sintang,” kata Bupati Sintang yang diwakili oleh Yustinus Jukardi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang saat membuka kegiatan Latsar CPNS Golongan III Angkatan II (XCVII/97) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang Tahun 2021.

Yustinus juga memberikan saran agar dalam Latsar CPNS ini mampu mencetak PNS sebagai pelayan publik, serta menjadi pemersatu bangsa.

“Kami berharap CPNS ini dapat mencermikan sikap kesiapsiagaan menghadapi isu kontemporer. Serta berakuntabilitas, mengedepankan kepentingan nasional dan menjunjung tinggi standar etika publik. Selain itu, bisa berinovasi untuk peningkatan mutu. Dan juga mendorong pemberantasan korupsi sehingga mampu menjawab tantangan global maupun regional secara profesioan, kemudian mengelolanya dengan perspektif one government,” harap Yustinus.

Ia menyampaikan bahwa eksistensi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai penggerak roda birokrasi, memiliki peran penting dalam mencapai tujuannya dan berkorelasi erat dalam upaya menata birokrasi kelas dunia.  “Salah satu langkah strategis dalam mewujudkan birokrasi kelas dunia tersebut yakni memperkuat kualitas ASN melalui pengembangan kompetensi sejak dini,” jelasnya.

Yustinus menegaskan, peningkatan kualitas ASN tentunya sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Sintang terpilih saat ini. Yakni untuk melanjutkan prime mover. Salah satunya yaitu menata dan mengembangkan manajemen pemerintah daerah yang sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintah yang baik dan bersih.

“Pemerintah yang baik dan bersih tersebut dapat dibangun salah satunya dengan memperhatikan aspek sumber daya aparatur. Karena aspek sumber daya aparatur menentukan berjalannya sebuah organisasi. Apabila hal ini didukung dengan sumber daya aparatur yang berkarakter, berkompeten dan profesional, tentu tujuan prime mover yang dicanangkan berkelanjutannya ini dapat dicapai,” pungkas Yustiinus.