Pemkab Sintang Dukung Inventarisir Kekayaan Intelektual di Sintang

oleh
Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto.

BERITA-AKTUAL.COM – Wakil Bupati Kabupaten Sintang, Sudiyanto mengatakan bahwa pengembangan kekayaan intelektual di Indonesia saat ini masih minim. Oleh karena itu, Pemkab Sintang sangat mendukung inventarisir kekayaan intelektual, termasuk di Kabupaten Sintang.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang siap membantu mendukung untuk menginventarisir dan mendata apa-apa saja yang berpotensi dibidang kekayaan intelektual. Agar didaftarkan sebagai kekayaan intelektual di Kementerian Hukum dan HAM,” tegas Sudiyanyo.

Hal itu disampaikan Sudiyanto saat membuka pelaksanaan kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual di Kabupaten Sintang yang dilaksanakan di Ballroom Hotel My Home Sintang, pada Senin 7 Juni 2021.

Kegiatan itu mengangkat tema, “Dengan Mendaftarkan Kekayaan Intelektual Paten Dan Kekayaan Intelekual Lainnya, Guna Melindungi Hasil Karya Anak Bangsa Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Dan Inovatif Masyarakat Yang Pasti Nyata Di Kabupaten Sintang”.

Dikatakan Sudiyanto, prioritas pemerintah Kabupaten Sintang adalah untuk meningkatkan inovasi daya saing produk lokal di pasar internasional adalah pengembangan kekayaan intelektual. “Kekayaan intelektual secara umum dapat membantu meningkatkan perekonomian negara. Terlebih khusus perekonomian di Kabupaten Sintang,” kata Wakil Bupati yang merupakan mantan birokrat di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi ini.

Kegiatan Promosi dan Diseminasi Kekayaan Intelektual di Kabupaten Sintang sendiri ditujukan kepada masyarakat dan para peserta yang hadir. Pesertanya selain pemerintah, ada juga masyarakat umum dengan berbagai latar belakang. Diantaranya pejabat, pegawai, akademisi, masyarakat, pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan unsur terkait lainnya. Total peserta sebanyak 40 orang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh narasumber oleh Kepala Divisi Pelayanan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Barat, Dosen Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak dan Kepala Seksi Kerjasama antar Lembaga dan Non-Pemerintah pada Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kemenkumham.