Fasilitasi Pembangunan Penguatan Tebing Sungai

oleh
Kondisi tepian Sungai Kapuas di Kelurahan Mekar Jaya yang memerlukan penguatan untuk mencegah abrasi.

BERITA-AKTUAL.COM – Sebagai aparat kewilayahan, Babinsa hendaknya membantu masyarakat untuk menyelesaikan permalahan warga. Dengan demikian segala kendala dan permasalahan yang terjadi di wilayah dapat diselesaikan dengan baik.

Seperti yang dilakukan Kopda Hendrik, salah satu Babinsa Koramil Sintang Kota. Ia akan memfasilitasi warga untuk berkoordinasi dengan dinas terkait untuk kelanjutan proyek penguatan tebing Sungai Kapuas di Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Sintang, Rabu 9 Juni 2021.

“Tanggal 7 Juni, warga menghubungi dan menanyakan apakah pembangunan penguatan tebing Sungai Kapuas tetap berlanjut hingga ke Kelurahan Mekar Kaya. Mengingat kondisi tepian sungai sangat menghawatirkan akibat abrasi dan udah memakan badan jalan,” ucapnya.

Berangkat dari keluhan warga, dirinua langsung menermui pihak terkait untuk berkoordinasi mengenai kelanjutan proyek tersebut. “Hasil koordinasinya, instansi terkait meminta bantuan Babinsa untuk mensosialisasikan terkait kegiatan tersebut kepada warga yang terdampak pembangunan. Apabila mendapat respon baik maka dapat dilanjutkan,” katanya.

Ia mengatakan, setelah melakukan sosialisasi bersama Lurah Mekar Jaya kepada warga yang terdampak pembangunan, seluruhnya sepakat mendukung pembangunan dan tidak akan meminta ganti rugi.

“Hasil ini saya sampaikan ke instansi terkait bahwa ada tanggapan positif dari warga. Saya kemudian mendorong agar dibuat nota kesepakatan tertulis dengan ditanda tangani kedua belah pihak untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kedepan,” ucapnya.