Bupati Jelaskan Tahapan Pembangunan 163 Tower BTS di Sintang

oleh
Bupati Sintang Jarot Winarno saat audiensi Fiberhome terkait rencana pembangunan 163 Tower BTS USO di desa-desa yang ada di Kabupaten Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Harapan banyak desa pedalaman Kabupaten Sintang yang sudah lama mendambakan sinyal seluler dan internet, akan terwud dalam waktu dekat ini. Karena, Kabupaten Sintang mendapatkan alokasi pembangunan 163 unit tower Base Transceiver Station (BTS) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2021.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengungkapkan, untuk tahap pertama ini segera dibangun 34 unit tower BTS. Kemudian tahap kedua nanti 129 unit tower. Jadi totalnya 163 unit tower BTS. “Untuk tower induknya sendiri yang nanti berfungsi sebagai penguat tower BTS, rencana akan dibangun di belakang Gedung Serbaguna Sintang,” jelas Jarot.

Hal itu disampaikan Jarot saat menerima audiensi dari pihak Fiberhome terkait rencana pembangunan 163 Tower BTS USO di desa-desa yang ada di Kabupaten Sintang. Pertemuan berlangsung di Pendopo Bupati Sintang, Selasa 15 Juni 2021.

Turut mendampingi Bupati saat audiensi yakni Kadiskominfo Sintang Kurniawan, Kadis Lingkungan Hidup Sintang Edi Harmaini dan sejumlah unsur OPD terkait lainnya.

Jarot mengatakan, alokasi 163 unit tower BTS untuk Sintang patut disyukuri. Mengingat, jumlah tower BTS yang akan dibangun sangat banyak. “Kita dapat 163 ya tower BTS. Paling banyak lah kita. Kemudian lokasi-lokasinya diatur sedemikian rupa,” jelas Jarot.

Ia berharap, desa yang belum mendapatkan alokasi pembangunan tower BTS tetap bisa mendapat sinyal seluler. Yakni dari tower BTS terdekat yang dibangun nanti. “Nah, dengan dibangunnya tower-tower ini mudah-mudahan konektivitas telekomunikasi di pedalaman bisa lebih bagus. Karena konektivitas itu tidak hanya jalan. Tapi juga komunikasinya,” katanya.

Contoh, sambung Jarot, orang tua yang di pedalaman bisa mengecek anak-anaknya yang menempuh pendidikan di perkotaan dan sebagainya. “Karena ini yang masyarakat minta. Mereka ingin sinyal itu ada sampai ke pedalaman,” tambah Jarot.