Sintang Juga Krisis Oksigen

oleh
Sekretaris Dinas Kesehatan Sintang, Ridwan Tony Pane menghadiri rapat Satgas COVID-19 Kabupaten Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Krisis oksigen yang terjadi dibeberapa daerah di Indonesia, juga terjadi di Kabupaten Sintang. Kondisi ini diakui oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Sintang, Ridwan Tony Pane saat rapat Satgas COVID-19 Kabupaten Sintang, Rabu 21 Juni 2021.

“Oksigen juga menjadi masalah di Sintang, kami akan mengunakan oksigen liquid dan oksigen konsentrat. Kami berharap oksigen liquid segera tiba,” kata Ridwan Tony Pane.

Selain itu, kata Ridwan Tony Pane, obat-obatan juga semakin menipis. Pasien yang tanpa gejala hanya diberikan multivitamin saja. Yang bergejala, diberikan antivirus.

“Kalau kondisi ini terus menerus, maka masalah oksigen, obat dan tenaga kesehatan akan terus ada. Maka pencegahan sangat penting.  Sosialisasi jangan pernah bosan, lakukan terus menerus,” katanya.

Ridwan Tony Pane mengungkapkan, kondisi sampai 20 Juli 2021 jumlah orang terkonfirmasi sebanyak 2. 588 kasus, sembuh 2. 326, meninggal 185 orang. “Bed Occupancy Rate kita 62 persen. Total yang dirawat 80 orang,” ucapnya.

Dandim Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan juga mengatakan bahwa oksigen di Sintang juga sedang kritis karena terganggu suplainya dari Pontianak. “Resistensi terhadap konsep PPKM Mikro juga sangat tinggi di kalangan masyarakat yang mengeluhkan tindakan satgas kepada para pelaku usaha,” terangnya.