Coffee Morning dengan IJS, PN Sintang Tegaskan Pentingnya Peran Pers

oleh
Foto bersama usai Coffee morning Pengadilan Negeri Sintang dengan Ikatan Jurnalis Sintang.

BERITA-AKTUAL.COM – Pengadilan Negeri Sintang menggelar coffee morning dengan Ikatan Jurnalis Sintang (IJS), Senin 16 Agustus 2021.

Dikesempatan itu, Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Johanis Dairo Malo menegaskan pentingnya peran pers. Menurutnya, saat ini publisitas tidak hanya dipandang sebagai ajang untuk pencitraan semata. Tetapi juga merupakan hak masyarakat untuk mengetahui apa yang sudah dikerjalan oleh instansi pemerintah.

“Dalam hal ini, kami dari Pengadilan Negeri Sintang merasa hal itu kewajiban yang harus dilaksanakan. Memberikan informasi pada publik, hak-hak publik untuk tahu apa yang dilakukan Pengadilan Negeri Sintang khususnya dalam penegakan hukum wajib untuk diberitakan. Ini yang kami rasakan masih kurang, ada ruang yang terpisah antara Pengadilan dengan masyarakat khususnya dalam pemberitaan,” katanya.

Sementara, kata dia, fungsi untuk menyampaikan pemberitaan hanya bisa dilaksanakan oleh insan pers. “Oleh karena itu, kami menggandeng pers untuk memberitakan apapun putusan Pengadilan Negeri Sintang, entah itu bisa diterima baik atau tidak. Jika diterima secara baik akan jadi motivasi kami agar lebih baik lagi. Kalaupun menjadi catatan yang kurang baik, akan kami jadikan bahan untuk memperbaiki diri,” ucapnya.

Ketua Ikatan Jurnalis Sintang, Hery Sumitro Lingga berharap jalinan komunikasi pers dengan Pengadilan Negeri Sintang berjalan semakin baik kedepan. Sehingga, tupoksi Pengadilan Negeri Sintang serta putusan-putusan hukum yang ditangani semakin diketahui oleh masyarakat luas. Dan insan pers juga dimudahkan untuk mengakses informasi dari Pengadilan Negeri Sintang untuk disampaikan pada masyarakat luas melalui pemberitaan.