Anggota TNI asal Sintang Gugur di Papua, Dandim Sintang ungkap Keinginan Pihak Keluarga

oleh
Dandim Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan.

BERITA-AKTUAL.COM – Anggota TNI putra asal Kedembak Merakai Desa Senangan Kecil Kecamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang, gugur diserang Kelompok Separatis Teroris (KST) di Pos Koramil Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis (2/9) dini hari.

Korban tersebut adalah Serda Ambrosius Apri Yudiman. Rencananya, pria kelahiran Kedembak Merakai 16 April 1996 akan dimakamkan di kampung halamannya.

Komandan Kodim Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak keluarga terkait proses pemakaman. Pihak keluarga, kata Dandim, menginginkan yang bersangkutan di Taman Makam Pahlawan Kusumalaya Merakai, Kecamatan Ketungau Tengah.

“Terkait keinginan keluarga, kita dapat fasilitasi itu. Karena yang bersangkutan gugur dalam melaksanakan tugas,” kata Dandim.

Dikatakan Dandim, Serda Ambrosius bertugas organik di Detasemen Markas Brigif 22 Ota Manasa yang berkedudukan di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

“Kebetulan sekali, saya pernah bertugas di sana sebagai Komandan Detasemen Markas Brigif 22 Ota Manasa yang pertama. Sehingga memudahkan koordinasi kami dengan kesatuan organiknya. Kami sudah berkoordinasi dengan dengan Brigade di Gorantolo, dengan Korem tempat tugas operasi, dengan Kodam juga sudah,” ungkapnya.

Dengan gugurnya anggota TNI di Papua Barat termasuk salah satunya asal Kabupaten Sintang, Dandim mengatakan sangat berduka cita. “Kita turut berbela sungkawa dengan gugurnya salah satu putra terbaik yang kita miliki dari Kalbar khususnya Kabupaten Sintang,” ucapnya.