18 Desa di Kecamatan Serawai, Sintang Terendam Banjir

oleh
Anggota Polsek Serawai membantu warga yang terkena banjir.

BERITA-AKTUAL.COM – Tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir ini mengakibatkan bahyak desa di Kabupaten Sintang terendam banjir. Di Kecamatan Serawai, sebanyak 18 desa terendam banjir dengan ketinggian bervariasi.

Desa yang terendam banjir di Kecamatan Serawai sebagian besar berada di pesisir sungai Melawi. Diantaranya: Desa Sabang Landan, Desa Tontang,Desa Temakung, Desa Tanjung Harapan, Desa Pagar Lebata, Desa Bedaha, Desa Talian Sahabung, Desa Begori, Desa Gurung Sengiang, Desa Batu Ketebung, Desa Tanjung Raya, Desa Nanga Serawai, Desa Tanjung Baru, Desa Mentatai, Desa Nusa Tujuh, Desa Nanga Tekungai, Desa Segulang dan Desa Baras Nabun.

Merepon banjir yang terjadi, Polsek Serawai bersama dengan Forkompincam langsung monitoring kenaikan debit air Sungai Melawi, Sabtu 2 Oktober 2021.

“Dari hasil pantauan yang dilaksanakan oleh tim yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Serawai AKP Muhammad Rasyid ketinggian air sudah mencapai kurang lebih 4 meter dari bahu jalan,” kata Kasubag Humas Polres Sintang Iptu Hariyanto.

Dikesempatan itu, selain patroli, Kapolsek Serawai membagi anggota tim untuk turut serta membantu warga yang mengevakuasi barang-barang berharga milik warga. Serta menyampaikan imbauan agar warga waspada dan berhati-hati menjaga anak-anak, dan lansia serta barang berharga karena dimungkinkan debit air masih semakin naik.

“Warga harus selalu waspada karena tidak menutup kemungkinan debit air sungai akan semakin tinggi” ucapnya.