Kota Putussibau Banjir, Tranportasi Lumpuh, Listrik Mati

oleh
Masjid Agung Putussibau terendam banjir.

BERITA-AKTUAL.COM – Banjir besar yang melanda Kota Putussibau, ibukota Kabupaten Kapuas Hulu, tak hanya melumpuhkan aktivitas masyarakat dan transportasi warga. Tapi juga akses penerangan karena listrik mati sejak tengah malam hingga siang ini.

“Ya listrik mati sejak malam hingga saat ini,” kata Ria, warga Sawai ketika dihubungi, Minggu 3 Oktober 2021.

Karena listrik mati, warga kesulitan mengisi baterai handphone untuk berkomunikasi. “Untuk ngecas handphone, kami terpaksa numpang ke Hotel Banana dengan berjalan kaki karena jalananan tergenang banjir. Untuk sampai ke sana harus berhati-hati karena ada sejumlah tempat yang arusnya cukup deras,” ungkapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Taufik, warga Jalan Budaya Kelurahan Kedamin Hilir. “Jaringan listrik mati dari tadi malam,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Gunawan mengungkapkan kendala penanganan banjir di Uncak Kapuas. “Kendalanya adalah akses jalan yang terputus akibat banjir dan jaringan internet,” ungkapnya.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sanggau, Gurit Bagaskoro mengungkapkan, listrik di Kota Putussibau mati total sejak Sabtu tengah malam. Hingga Minggu siang ini 3 Oktober 2021, listrik belum hidup lagi karena masih terendam banjir. “Penyebabnya karena PLTD-nya terendam banjir,“ katanya.

Ia mengatakan, pemadaman dilakukan sejak semalam/dini hari. “Kami dapat info pukul 00.30 WIB. Setelah banjir surut, listrik secepatnya akan dipulihkan,” katanya.

Karena, kata Gurit, poin utama adalah keselamatan masyarakat/ pelanggan dan instalasi kelistrikan agar tdk membahayakan.

“Makanya, tadi malam berkordinasi dengan PLN UPDK Singkawang selaku yang berewenang di PLTD Sawai, maka dipadamkan,” ungkap Gurit.

Ia membenarkan bahwa hingga siang ini listrik belum dinyalakan kembali. “Masih banjir PLTD-nya makanya listrik belum dinyalakan lagi. Kawan-kawan masih keliling patroli tapi sinyal internet mulai hilang, jadi mereka belum bisa kirim gambar terbaru soal kondisi PLTD saat ini,” katanya.

Jika nantinya listrik dinyalakan kembali, Gurit mengimbau masyarakat agar memastikan seluruh stop kontak, kabel-kabel serta peralatan elektronik/listrik kering terlebih dahulu. Atau periksa dan keringkan dahulu. Selain itu, gunakan alas kaki kering saat menyalakan listrik kembali. “Jika ragu, hubungi petugas PLN,” imbaunya.