Plh Bupati Sintang Ingatkan Kades soal Pengeloaan Keuangan Desa

oleh
Plh Bupati Sintang, Yosepha Hasnah melantik 287 Kepala Desa (Kades) di Indoor Apang Semangai, Kamis 9 Oktober 2021.

BERITA-AKTUAL.COM – Plh Bupati Sintang, Yosepha Hasnah melantik 287 Kepala Desa (Kades) di Indoor Apang Semangai, Kamis 9 Oktober 2021.

Dikesempatan itu, Yosepha menyampaikan banyak pesan. Salah satunya terkait pengelolaan keuangan desa. Ia meminta, keuangan desa yang tertuang dalam APBDes harus dikelola berdasarkan azas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.

“Bekerjalah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karena sejalan dengan banyaknya pendanaan yang masuk ke desa, trend pengawasan pun akan semakin ketat,” pesan Yosepha.

Setelah dilantik, Yosepha mengingatkan kepada kepala desa terpilih agar tidak hanyut pada euforia kemenangan. Akan tetapi harus segera melaksanakan tugas berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mengingat, kata Yosepha, sesuai dengan ketentuan pasal 5 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa menyatakan bahwa, paling lambat 3 bulan setelah pelantikan, kepala desa harus segera menyusun rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDES) untuk jangka waktu 6 (enam) tahun. Kemudian ditetapkan dengan peraturan desa (PERDES).

“Selanjutnya, dari RPJMDES tersebut pemerintah desa harus menyusun rencana kerja pemerintahan desa (RKPDES) untuk jangka waktu 1 tahun, yang memuat kerangka program, prioritas pembangunan desa, rencana kegiatan dan pembiayaan. Sebagai implementasinya yaitu APBDes yang merupakan rencana keuangan tahunan desa yang dibahas dan disetujui bersama oleh pemerintah desa dan badan permusyawaratan desa,” jelas Yosepha.

Ia menegaskan, kepala desa merupakan tokoh sentral dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Dengan terpilihnya sebagai kepala desa, itu mencerminkan besarnya harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik.

“Oleh karena itu, berikan pelayanan kepada masyarakat tanpa memandang siapa dan apa kedudukan orang tersebut. Atau, jangan memandang apakah pendukung saudara atau bukan,” pesan Yosepha lagi.